• Minggu, 8 September 2024

Disperindagkop Kaltara Bekali UMKM Alur Ekspor Produk

PEMBEKALAN : Plh Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Setprov Kaltara, Burhanuddin, S.Sos, M.Si membuka Pelatihan Akses Pasar Global Angkatan I di Hotel Pangeran Khar, Senin (22/7).

TANJUNG SELOR, LENSAKU – Plh. Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setprov Kaltara Burhanuddin, S.Sos, M.Si membuka kegiatan pelatihan Akes Pasar Global Angkatan I bertempat di ruang pertemuan Hotel Pangeran Khar, Senin (22/7).

Kegiatan yang mengusung tema Kaltara Go Ekspor ini dihadiri pelaku UMKM yang berada di wilayah Kabupaten Bulungan dan dihadiri langsung Kepala Disperindagkop Kaltara Hasriyani, S.H., M.M dan narasumber dari lembaga pelatihan Hindra Soe.

Dalam sambuutannya, Burhanuddin mengatakan tujuan dari penyelenggaraan pelatihan ini adalah salah satu upaya pemerintah mendukung dan membekali pelaku UMKM terlibat dalam perkembangan ekonomi global masa kini.

Menurutnya, teknologi dan globalisasi telah memperkecil dunia bisnis sehinggal hal ini memacu persaingan global.

“Untuk menjawab tantangan tersebut, diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan daya saing UMKM, salah satunya melalui pelatihan akses pasar global yang berfokus pada mendorong ekspansi dan ekspor,” katanya.

Ia menerangka bahwa pelatihan ini mepunyai peran penting untuk membekali UMKM yang ada di Kaltara, khususnya di Kabupaten Bulungan ini. Pelatihan ini akan membekali UMKM dengan pengetahun dan keterampilan untuk terjun di pasar global serta memperkuat pondasi para pelaku usaha.

“Ini mencakup tentang prosedur dan persyaratan menjadi seorang eksportir. Memahami kategori pasar ekspor dan akses peluang pasar ekspor via internet. Selain itu ada praktek riset pasar internasional, metode pengiriman barang ekspor, digital internasional marketing, strategi promosi, praktek membuat akun marketplace, dan lain sebagainya,” terangnya.

Selain itu, dalam kesempatan ini Kepala Disperidagkop Hasriyani menyampaikan dalam laporannya, peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 30 orang.

Hasriyani berpesan kepada peserta UMKM untuk melihat peluang di pasar global dan memiliki komitmen, konsisntensi dan kontinuitas yang dimiliki setiap pelaku UMKM.

“Kita berharap pelatihan hari ini bisa menjadi tambahan ilmu pengetahuan, memperkuat dan memperkaya UMKM untuk kesiapan-kesiapan produknya,”tuntasnya. (dkisp/adv)

Read Previous

BKPRMI Diharapkan Dorong Sinergitas Bersama Membangun Kaltara

Read Next

Ini 3 Arahan Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular