• Kamis, 28 Maret 2024

Rencanakan Rapid Test Massal

GUBERNUR Kaltara Dr H Irianto Lambrie mewacanakan pemberlakuan rapid test secara massal di masyarakat. Hal ini bentuk respon Gubernur Kaltara atas terus bertambahnya kasus Covid-19 di tiga kabupaten dan satu kota di Kaltara.

Dalam rapat staf di gubernuran, Senin (4/5) Gubernur meminta Kepala Dinas Kesehatan Usman membeli alat rapid test dalam jumlah banyak. “Pak Usman, saya minta tambah rapid test Kalau perlu, kita perlu rapid test massal. Meski itu bukan hasil akhir, paling tidak 40-60 persen diketahui,” kata Gubernur. Ia juga menegaskan agar Dinas Kesehatan melakukan pengadaan barang dan jasa yang tepat dalam penanganan Covid-19.

Ia juga meminta agar optimalisasi laboratorium uji sampel swab Covid-19 di RSUD Pemprov di Tarakan dipercepat. “Target kita, bulan ini harus jadi. Kalau bisa, telepon Pak Doni (Kepala BNPB dan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pusat) untuk mengkomunikasikan apa saja yang diperlukan,” ujarnya.

Gubernur juga menekankan kedisiplinan menerapkan standar protokol kesehatan sebagai upaya meredam penyebaran Covid-19. Lingkungan Pemprov Kaltara harus menjadi contoh penerapan standar kesehatan bagi masyarakat.

Ia juga mengimbau masyarakat agar tidak melakukan diskriminasi terhadap pasien Covid-19 dan keluarganya. “Jangan ada penolakan pasien positif Covid-19 di Kaltara. Jangan kehilangan akal sehat. Yang penting itu jaga jarak, cuci tangan, dan pakai masker. Lalu juga meningkatkan kekebalan tubuh masing-masing,” tutupnya.(humas)

Read Previous

Pemprov Kaltara akan salurkan bantuan bagi yang terdampak COVID-19

Read Next

Pelaksanaan PPDB Tunggu Hasil Rakor LPMP Kaltara

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular