Kepala Kampung Bukit Makmur Berharap BLT Bisa Berlanjut

Vinkmag ad

Tanjung Redeb- Lensaku.id. Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana Desa anggaran tahun 2020 tahap kedua di Kampung Bukit Makmur telah rampung beberapa waktu lalu. Ada keterangan BLT tahap ketiga akan dilanjutkan.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kampung (Kakam) Bukit Makmur, Kec. Segah, Berau, Saidin Saputra saat dikonfirmasi oleh awak media pada Rabu (17/6) siang. Ia menyebut penyaluran BLT tahap kedua telah usai sehingga pihaknya kini berharap adanya tahap lanjutan bansos.

“Alhamdullilah untuk penyaluran BLT dana desa tahap kedua sudah rampung, sebanyak 58 KK telah diberikan bantuan,” ucapnya pada Lensaku.id

Sesuai ketentuan, penyaluran dilakukan selama tiga bulan ke depan dengan besaran 600 ribu per KK.

Untuk kendala dalam penyaluran BLT, dirinya menyebut hanya masalah verifikasi data yang kadang muncul data ganda.

“Kalau kendala sendiri dirasa minim, sebab kami melibatkan RT, BPK, Bhabinkamtibmas serta Babinsa dalam penyalurannya. Namun kadang kendalanya ada data yang tumpang tindih,” ucapnya.

Menurut Saidin, biasa ada warga yang telah mendapat bansos melalui dana desa, namun mendapat bansos yang sama dari APBD Berau.

“Dengan kondisi ini, bantuan yang diterima langsung dikembalikan lagi pada pemerintah,” ungkapnya.

Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan data agar tidak terjadi berulang.

Di sisi lain, BLT yang akan disalurkan biasa tidak ada orangnya.

“Saat pendataan RT ada warga yang mendaftar di lingkungan setempat, tapi saat bansos akan diserahkan orangnya tidak ada sehingga dana yang ada di kembalikan lagi ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau,” pungkasnya.

Kedepan, Saidin berharap agar BLT APBD dan APBN tahap ketiga kembali diadakan. Agar penerima bansos dapat terbantu secara ekonomi dan kebutuhan. Dan yang paling utama adalah wabah bencana non alam (Covid-19) segera berlalu. (*/sgp).

Baca juga:  Bontang, Kukar, dan Samarinda Melenggang ke Final Di Cabor Bulutangkis Porprov VII Kaltim

Read Previous

Nasdem Konsisten Usung Agus Tantomo

Read Next

Sinergitas TNI – POLRI Galang Bakti Sosial

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *