Stok Darah PMI Bulungan Aman

Vinkmag ad

Tanjung Selor – Lensaku.id. Palang Merah Indonesia ( PMI ) Kabupaten Bulungan memiliki stok darah yang cukup untuk beberapa waktu kedepan.

PMI Bulungan berupaya maksimal agar stok darah harus selalu ada, Farhad. Staf Unit Transfusi Darah ( UTD ) PMI Bulungan menyampaikan bahwa untuk saat ini stok darah yang dimiliki PMI Bulungan terbilang cukup.

”Untuk saat ini ketersediaan stok darah mencukupi, kita punya stok golongan darah A sebanyak 32 kantong, darah B sebanyak 22 kantong, darah O sebanyak 20 kantong, dan darah AB 13 kantong,” jelasnya.

Namun ada beberapa darah yang sulit didapat yaitu golongan darah AB”. Lanjutnya.

Selama masa covid 19 PMI Bulungan mengatakan permintaan stok darah dari rumah sakit cenderung berkurang.

Farhad juga menginformasikan kepada masyarakat Kabupaten Bulungan bahwa PMI membuka  24 jam pelayanan untuk mendonorkan darah.

“Jika ada masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya bisa langsung ke PMI,” tuturnya.

Hal ini mengantisipasi jika suatu saat ada pihak yang membutuhkan darah secara mendadak, sementara ketersediaan darah di PMI kurang.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi jika ingin mendonorkan darah yaitu, usia harus di atas 17 tahun, sehat jasmani dan rohani, dan tekanan darah harus normal sekitar 110 per 90.

Dimasa wabah covid-19 dan era new normal ini, PMI menghimbau kepada masyarakat yang ingin mendonorkan darah agar tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

 

Read Previous

Sembelih Hewan Kurban Betina, Bersiap Kena Denda

Read Next

Saatnya Keragaman Hayati Geliatkan Ekonomi Kaltara

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *