Coklit Selesai, KPU Bulungan Fokus ke Tahapan Selanjutnya

Vinkmag ad

Tanjung Selor – Lensaku.id. Sehubungan dengan usainya kerja para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Pada 13 Agustus, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulungan jelaskan hasil pemutahiran data, Jum’at (14/8).

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020, pencocokan data di laksanakan sejak tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus 2020.

Mistang, S.Kom. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulungan, menjelaskan bahwa pencocokan data pemilih di Kabupaten Bulungan telah selesai secara keseluruhan sejak tanggal 11 Agustus lalu.

“Terkait dengan pencocokan dan penelitian atau coklit untuk KPU Bulungan sendiri secara keseluruhan sudah selesai. Sesuai dengan Peraturan KPU No 5 tahun 2020 pelaksanaan coklit itu sendiri dilaksanakan mulai dari 15 Juli sampai 13 Agustus.

“Namun dalam proses pelaksanaan teman-teman petugas kami (PPDP) melaksanakan coklit ini selesai secara keseluruhan di tanggal 11, ini lebih cepat dari yang di tentukan di PKPU,” jelasnya.

Adapun jumlah keseluruhan data pemilih yang dikeluarkan kan adalah sebanyak 98.824 kepada PPDP.

“Untuk jumlah yang kami turunkan kepada PPDP sebanyak 98.824 data ini lah yang kemudian di coklit oleh teman-teman PPDP,” Sebut Mistang.

Dikatakan oleh Mistang, ada juga beberapa kendala dalam melakukan proses pencoklitan seperti pemilih yang tidak dapat di temui oleh PPDP, maupun lokasi territorial yang agak sulit unutk dijangkau.

“Pasti ada kendala atau permasalahan yang ditemukan oleh teman-teman PPDP dilapangan yang paling dominan adalah tidak bertemu langsung dengan pemilih pada saat didatangi, apalagi saat ini kita melaksanakan lanjutan tahapan pilkada dimasa pandemi,” pungkasnya.

Setelah ini KPU Bulungan akan fokus untuk melaksanakan tahapan yang lain, yakni menyusun Daftar Pemilih Sementara (DPS), disamping itu proses pendaftaran paslon jalur Partai Politik juga sudah didepan mata, tutup Mistang.

Baca juga:  Kunjungan Mensos ke Kaltara Diharap Menjawab Kebutuhan Masyarakat

Read Previous

Beberapa Rekom Dikeluarkan Gerindra Kaltim, Berau Masih Menunggu

Read Next

Setelah KPU Bulungan, Rombongan DPRD Berau Lanjutkan Kunker ke Bawaslu Bulungan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *