• Kamis, 28 Maret 2024

Kembangkan Tanjung Harapan, Kemenhub Kucurkan Rp 1 Miliar

TANJUNG SELOR – Pengembangan Bandar Udara (Bandara) Tanjung Harapan sebagai pintu gerbang ibokota Kalimantan (Utara), di Tanjung Selor terus dilakukan. Salah satunya pengembangan pada lampu penerangan runway atau landasan pacu, apron atau pelataran pesawat dan pagar pembatas area bandara. Nilainya hampir Rp 1 miliar (pasca rasionalisasi), bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020.

Selain dilakukan peningkatan, tahun ini juga dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltara untuk pembebasan lahan perpanjangan runway Bandara Tanjung Harapan. Luasnya 8 hektare, nilainya Rp 17 miliar.

Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie mengatakan sesuai rencana induk, Bandara Tanjung Harapan akan dikembangkan hingga landasan pacunya mencapai 2.500 meter. Bangunan terminal dipindahkan ke sebelah Timur landasan pacu dari titik saat ini di sebelah Barat landasan pacu. “Saat ini masih dalam progress untuk pembebasannya. Secara bertahap akan dilakukan ganti rugi lahan yang akan dibebaskan. Tahun ini, Dishub fokus pada lahan yang berada didalam pagar bandara. Ada, sekitar 8 hektare luas lahannya,” ungkap Irianto yang didampingi Kepala Dishub Kaltara Taupan Madjid, baru-baru ini.

Adapun luas lahan bandara yang dibutuhkan kurang lebih 229 hektare. Lahan yang telah dibebaskan oleh Pemprov seluas kurang lebih 16 hektare. “Diharapkan dengan anggaran itu, semua lahan yang perlu dibebaskan dapat terakomodir semuanya. Namun, lahan yang dapat dibayar ganti ruginya adalah yang bebas sengketa lahan. Apabila masih ada sengketa, kami imbau pemilik lahan untuk segera menyelesaikan proses sengketanya. Apabila sengketa sudah selesai, baru diganti rugi,” ujar Gubernur.

“Pembebasan lahan menjadi sangat penting. Sebab, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah berkomitmen membantu mengembangkan Bandara Tanjung Harapan, jika lahan yang ada sudah tersedia atau clean and clear,” imbuh Irianto.

Sebagai informasi, pada 2014, Bandara Tanjung Harapan memiliki landasan pacu 1.200 meter. Kondisi saat ini, Bandara Tanjung Harapan memiliki panjang landasan 1.600 X 30 meter dengan kondisi aspal dan didarati pesawat jenis ATR-72.(humas)

Read Previous

Diluar 4 Kecamatan Berau Ini, Sekolah Tatap Muka Boleh Digelar

Read Next

Bansos 2020, Pemprov Kaltara Anggarkan Rp 13 Miliar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular