Tenaga Pendidik di Pelosok Berau Harus Melek Teknologi dan Aplikasi

Vinkmag ad

Tanjung Redeb- Lensaku.id. Mewakili Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Berau H. M Ramadhan, Asisten I Setda H. Datu Kesuma membuka secara resmi pelatihan penggunaan media pembelajaran berbasis komputerisasi untuk sekolah diwilayah pinggiran.

Acara tersebut berlangsung di Gedung Sekolah Menegah Pertama (SMP) N 1 Tanjung Redeb, Rabu (7/10/20) kemarin lusa.
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Berau, Murjani dalam laporannya menyampaikan, pelatihan tersebut diikuti sebanyak 45 orang perwakilan sekolah SD dan SMP dengan waktu pelaksanaan selama 3 hari mulai tanggal 7 hingga 9 Oktober mendatang.

Menurutnya, diadakannya kegiatan ini untuk memberikan bekal dan komponen dasar dalam pembelajaran berbasis komputerisasi, para tenaga pendidik ini diberikan materi pelatihan berupa pengoperasian Microsoft Excel, Power Point dan tehnik mengakses internet dan rumah belajar.

Dalam sambutannya Asisten I Setda Berau, H. Datu Kesuma mengatakan, pelatihan penggunaan media berbasis komputerisasi ini menuntut tenaga pendidik agar melek teknologi bagi pembelajar dan pengajar yang berada diwilayah pelosok, agar setara dengan diperkotaan. Karena saat ini, mulai dari segi anggaran, fasilitas gedung sekolah, jumlah tenaga guru termasuk tunjangan penghasilan sudah sama dengan kota.

“Harapan saya, pelatihan ini dapat mengejar ketertinggalan, apalagi dengan situasi pandemi saat ini mengharuskan pemerintah daerah menutup sementara sejumlah sekolah, demi upaya pencegahan penularan, dan perubahan besar juga dirasakan bagi dunia pendidikan kita,” katanya.

Harapannya juga, perwakilan sekolah dapat benar-benar memahami mengenai penggunaan media pembelajaran berbasis komputer ini.

Agar kegiatan belajar kedepan dapat dilangsungkan, kendati ditengah pandemi seperti sekarang ini. Paling tidak minimal dari hasil pelatihan ini peserta dapat mengetahui bagaimana mengoperasikan suatu aplikasi atau perangkat secara baik dan benar.

Menutup kata sambutan, Asisten I mengingatkan kepada peserta agar mentaati protokol kesehatan (protkes), ini merupakan hal yang penting menjadi tugas tenaga pendidik agar selalu mensosialisasikan dalam berbagai kesempatan, khususnya kepada para peserta didik dimasing-masing wilayahnya.
Pembukaan pelatihan ditandai secara simbolis dengan penyerahan perangkat komputer, untuk SDN 001 Merabu Kecamatan Kelay, SDN 001 Gunung Sari Kecamatan Segah dan SMPN 1 Biatan, Kecamatan Biatan.

Baca juga:  Local Media Outlook 2023 Tren dan Potensi Bisnis Media Digital 2023

Read Previous

Sekda Berau: Wujudkan Kaltim Green di Berau

Read Next

TIGA FRAKSI DPRD KABUPATEN NUNUKAN MENOLAK TUNTUTAN AKSI DEMO ALIANSI MAHASISWA DAN BURUH

One Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *