• Selasa, 28 Mei 2024

ASN Dilarang Ngelike dan Komen Medsos Berbau Kampanye

Tanjung Redeb- Lensaku.id. Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, hadiri kegiatan sosialisasi netralitas ASN pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Berau 2020, yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Berau di Hotel Exclusif, Tanjung Redeb, Selasa (13/10/2020) kemarin pagi.

Kegiatan tersebut digelar, sebagai upaya Bawaslu dalam meningkatkan kesadaran menjaga ketidakberpihakan ASN di pesta demokrasi akhir tahun.

Ketua Bawaslu Berau, Nadirah mengatakan, seperti diketahui bahwa tanggal 9 Desember tahun 2020 akan diselenggarakan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada).

“Pengawasan utama bagi Bawaslu adalah netralitas ASN. Pada tanggal 17 Juni tahun 2020, kami telah melakukan MoU antara Bawaslu RI dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Artinya dalam Pilkada ini yang paling disoroti adalah ASN, karena banyaknya kepala daerah yang akan maju sebagai petahana,” ujarnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, Bawaslu akan melakukan pengawasan lebih intensif terhadap ASN.
“Sebab indikasinya bisa mengajak ASN secara diam-diam, untuk memberi dukungan. Tentunya kita semua tidak tahu,” ujarnya.

Untuk itu, kata Nadirah, bagi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat maupun lurah yang hadir dalam acara dapat menyampaikan kepada jajarannya, pentingnya menjaga netralitas.
“Salah satu contoh di media sosial (medsos) ASN tidak boleh mengelike atau berkomentar, apa lagi yang terlibat dalam kampanye. Dan kebetulan sekarang kami sedang memproses salah satu oknum ASN, dan proses tersebut akan kami lanjutkan ke KASN ” tegasnya.

Bersamaan dengan hal itu, Nadirah juga menekankankan kepada pihak yang bersangkutan agar menyampaikan isi surat yang dikeluarkan Bawaslu kepada masing-masing instansi.
“Kebetulan kami juga sudah layangkan surat ke semua instansi soal netralitas. Agar sekiranya hal itu dapat disampaikan kepada ASN di lingkungan kerjanya masing-masing,” tutupnya. (*/humas/sgp)

Read Previous

Hasil Akhir Seleksi CPNS Bakal Diumumkan 30 Oktober

Read Next

Keluar PDI Perjuangan, Yogi Nyatakan Dukungan Untuk Ragam

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular