• Jumat, 14 Juni 2024

Lanjutkan Program Pembangunan Lewat Alokasi Dana Kampung

Tanjung Redeb – Lensaku.id. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Berau akan digelar pada 9 Desember 2020. Istri mendiang H. Muharram, Sri Juniarsih Maksir mencalonkan diri sebagai calon Bupati Berau periode 2021-2024 dengan didampingi H. Gamalis selaku calon Wakil Bupati.

Sri Juniarsih mengaku, pencalonannya tersebut bersiap untuk melanjutkan program sebelumnya seperti yang digagas oleh mendiang kekasihnya, khususnya dalam hal pembangunan kesejahteraan masyarakat kampung.

“Iya kami siap melanjutkan. Di awal, dari 100 kampung di Berau setiap kampungnya hanya mendapat bantuan kurang lebih Rp 1 Miliar. Tetapi Alhamdulillah, alokasi dana kampung ditingkatkan lagi menjadi Rp 2 Miliar-Rp 5 Miliar per kampung pada saat beliau menjabat,” katanya.

Ia menilai, selain memajukan kampung, gagasan tersebut juga berimbas pada meningkatnya indeks desa membangun (IDM) di Bumi Batiwakkal.

IDM merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi, dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan.

Perangkat indikator yang dikembangkan dalam IDM sendiri dikembangkan berdasarkan, konsepsi bahwa untuk menuju kampung maju dan mandiri perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan di mana aspek sosial, ekonomi, dan ekologi, menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan kampung untuk menyejahterakan kehidupan kampung.

“Di awal tahun 2016 saat beliau menjabat sebagai bupati, dari 100 kampung, ada 90 kampung yang berstatuskan tertinggal dan sangat tertinggal. Namun sekarang, berkat adanya anggaran kampung, tinggal 1 kampung yang berstatuskan tertinggal. Selebihnya sudah berkembang, maju dan mandiri,” katanya.

Dari niatannya itu, selain program pembangunan kampung, dirinya berjanji akan meningkatkan akses dan kualitas pendidikan, kesehatan, pertanian dan layanan dasar lainnya kepada masyarakat.

“Insha Allah kami optimis memenangkan Pilkada Berau mendatang,” tutupnya. (*/adv)

Read Previous

Keluarga Gelar Doa Bersama 40 Hari Meninggalnya H. Muharram

Read Next

Kaltara Deflasi 0,21 Persen, Produksi Gabah Tembus 27 Ribu Ton

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular