• Jumat, 21 Juni 2024

Pemkab Berau Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

BERAU, Lensaku – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau bersama dengan Forkopimda menggelar upacara dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Bupati Berau, Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur pada Jumat (01/10/2021) pagi tadi. Upacara yang diinspekturi oleh Wakil Bupati Berau H. Gamalis, S.E. ini dilaksanakan dengan terbatas dan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Tema dari Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 adalah ‘Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila’. Dalam sambutannya, Wakil Bupati Berau menyampaikan kepada semua masyarakat Berau untuk selalu menghargai perjuangan para Pahlawan Revolusi. Dengan cara, memahami dan juga mengamalkan setiap sila dalam Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah bangsa Indonesia.

“Sebagai bangsa Indonesia kita patut menghargai para Pahlawan Revolusi yang telah gugur mempertahankan ideologi kita yang tercinta yaitu Pancasila, karena setiap sila Pancasila tidak hanya sebagai dasar negara tetapi itu juga merupakan sebuah falsafah dan pandangan hidup bangsa Indonesia,” ujar Wakil Bupati Berau – H. Gamalis, S.E.

Kemudian, Wakil Bupati Berau menambahkan untuk selalu menyampaikan edukasi dan teladan tentang nilai-nilai Pancasila kepada seluruh generasi penerus bangsa khususnya di Kabupaten Berau. Ia juga mengajak generasi muda di Kabupaten Berau untuk menjadi agen perantara untuk menyampaikan edukasi dan teladan Pancasila tersebut.

“Kami harus selalu menyampaikan edukasi Pancasila karena kelahiran Pancasila adalah suatu perjuangan dan anugerah untuk menyatukan kita semua. Sekarang ini, mulai jauh sekali dari harapan kami karena era globalisasi. Kalau kita lalai dalam mengedukasi maka jarak itu akan semakin jauh, dan itu menjadi tugas kita semua,” tambahnya.

Perlu diketahui, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan momen untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa. Selain itu, Hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi. Upacara Hari Kesaktian Pancasila pertama kali dilaksanakan di Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada 1 Oktober 1966. Sejak pemerintahan Orde Baru, upacara itu digelar untuk mengenang para jenderal dan perwira yang gugur akibat peristiwa G30S PKI.

Adapun Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dihadiri oleh dua Kesultanan Berau, yakni Sultan Sambaliung Datu Amir dan Sultan Gunung Tabur adji Bahrul Hadi. Kemudian turut juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD I Hj. Syarifatul Sadiah, S.Pd., M.Si.; Asisten I – III Bupati Berau; Komandan Skadron; Komandan Kodim 0902/BRU; Komandan Yon Armed; Kapolres Berau; Kementerian Agama Berau; Ketua Pengadilan Negeri Berau; Kejaksaan Negeri Berau; dan Ketua Pengadilan Agama Berau.(chr).

Read Previous

Peringatan G 30S PKI, Ini Pesan Dandim 0902/BRU Kepada Masyarakat Berau

Read Next

Pelaku Asusila Terhadap Anak SD Berhasil Ditangkap Polisi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular