• Senin, 17 Juni 2024

Adakan Rapat Koordinasi, Bupati Berau Teguhkan 13 Bunda Paud Tingkat Kecamatan

BERAU, Lensaku – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau mengadakan Peneguhan dan Rapat Koordinasi Bunda PAUD tingkat kecamatan se-Kabupaten Berau. Sebanyak 13 Bunda Paud dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Berau yang diteguhkan pada kegiatan tersebut. Peneguhan ini dilakukan oleh Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih, MAS., M.Pd. dan diadakan secara sederhana dengan memperhatikan protokol kesehatan di Balai Mufakat, Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur pada Senin (04/10/2021) pagi tadi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Berau H. Gamalis, S.E.; Asisten 1 Bupati Hendratno; dan Sekretaris Dinas Pendidikan. Kemudian, kegiatan pengukuhan dan rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh seluruh guru PAUD dari seluruh kecamatan, kelurahan, dan kampung se-Kabupaten Berau.

Dalam sambutannya, Bupati Berau menyambut baik pelaksanaan dan pengukuhan Bunda PAUD di tingkat kecamatan. Hal itu dikarenakan peran Bunda PAUD yang mampu mewujudkan masyarakat yang cerdas, penguasaan ilmu pengetahuan sejak usia dini, dan pencapaian iman dan taqwa yang unggul.

“Pemerintah Kabupaten Berau menyambut baik pelaksanaan Pelantikan dan Rapat Koordinasi ini dikarenakan Bunda Paud sangat berperan dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan bertaqwa sejak usia dini sehingga mampu mendukung pembangunan daerah di tengah arus globalisasi. Kemudian, Bunda PAUD juga berperan dalam penanaman moral kepada anak-anak sejak usia dini,” ujar Bupati Berau.

Selain itu, Bupati Berau juga memaparkan beberapa poin mengenai langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam kesejahteraan Bunda PAUD, diantaranya penyediaan layanan PAUD yang berkualitas, perumusan program terpadu demi meningkatkan kualitas PAUD di Kabupaten Berau, pembentukan PAUD di tingkat kelurahan, dan jaminan kesejahteraan PAUD. Bupati Berau juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengambil peran dalam kesejahteraan PAUD.

“Kepada seluruh OPD saya menginstruksikan untuk selalu memperhatikan fasilitas dan kesejahteraan PAUD dengan menyediakan layanan PAUD yang berkualitas dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, hingga advokasi dalam pelaksanaannya. Dalam mewujudkan upaya tersebut, saya juga mengajak peran seluruh lapisan elemen masyarakat untuk menjadi motivitor kepada Bunda PAUD. Secara khusus juga saya meminta kepada Dinas Pendidikan dan OPD terkait untuk menciptakan langkah terpadu dalam mewujudkan kualitas PAUD di Kabupaten Berau,” tutur Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih, MAS., M.Pd. yang juga sebagai Bunda PAUD Kabupaten Berau.

Adapun kepada seluruh Bunda PAUD, Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih, MAS., M.Pd. berpesan untuk selalu memberikan pendidikan yang terarah kepada anak-anak usia dini. Ia juga berpesan kepada Bunda PAUD untuk memberikan contoh yang baik kepada anak-anak sejak usia dini.

“Anak-anak usia dini merupakan kelompok anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang unik, mulai dari pembentukan karakter, pola pikir, daya cipta, bahasa dan komunikasi. Oleh karena itu, saya menghimbau kepada Bunda PAUD khususnya yang baru dilantik ini untuk selalu merumuskan pola pendidikan yang fokusnya pada pendidikan intelektual, motorik, emosional, dan spiritual dengan memperhatikan dasar-dasar yang tepat. Saya juga meminta kepada Bunda PAUD untuk selalu peduli kepada anak-anak usia dini ini serta mengetahui jumlah pasti anak yang sekolah PAUD di tempat kita dan lembaga PAUD serta wilayahnya seperti tempat penitipan anak, kelompok bermain, taman kanak-kanak, hingga posyandu yang bisa juga dikatakan sebagai PAUD,” tambahnya.

Tak lupa Bupati Berau juga berpesan kepada seluruh orang tua dan insan keluarga anak-anak usia dini untuk turut serta berperan dalam membentuk pola pikir dan karakter anak-anak usia dini. Peran itu dilakukan dengan cara mengajak anak-anak usia dini itu untuk mengikuti program pendidikan anak-anak, memantau kinerja para guru, selalu berkomunikasi, serta memberikan contoh kebiasaan yang baik kepada anaka-anak sejak usia dini. Pasalnya, lingkungan keluarga merupakan lembaga utama yang dilihat oleh anak-anak sejak usia dini.

“Mulai sekarang ini kepada orang tua harus sudah mulai mendata terkait pendidikan PAUD, kelompok bermain, hingga kelompok anak-anak di setiap wilayahnya. Keluarga juga berhak memantau bagaimana guru-guru dalam mendidik dan membimbing anak-anak terutama dalam kondisi pandemi ini. Namun, perlu diingat bahwa orang tua dan keluarga berperan besar dalam mendidik anak-anak karena figur utama yang dilihat anak-anak tentunya orang tua dan keluarga. Oleh karena itu, saya meminta kepada orang tua dan keluarga untuk memberikan contoh dan menjadi figur yang baik kepada anak-anak” tutupnya. (Chr)

Read Previous

Sudah 10 Kali, KM Setubuhi Anak Majikan Yang Masih Di Bawah Umur Dengan Ancaman

Read Next

Ini Sanksi Dari Pemkab Berau Kalau Ada Kecurangan Di Pilkam 2021

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular