Jalan Poros Teluk Sulaiman – Teluk Sumbang Mulai Diaspal

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Jalan poros yang menghubungkan Teluk Sulaiman – Teluk Sumbang di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur mulai diaspal. Camat Biduk-Biduk, Abdul Malik menyampaikan bahwa tahap pengaspalan jalan poros yang menghubungkan 2 kampung ini sudah mencapai 50 % dari keseluruhan.

“Pemerintah Kabupaten Berau dalam hal ini melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Berau telah mulai mengaspal jalan antara Teluk Sulaiman – Teluk Sumbang. Sebelumnya, jalan poros ini memang sangat susah dilewati karena kondisi jalan yang berbatu dan berlumpur. Namun, alhamdulillah sekarang jalan sudah mulai diaspal sehingga nantinya bisa dilewati,” ujarnya.

Jalan poros Teluk Sulaiman – Teluk Sumbang ini merupakan akses satu-satunya untuk menuju Kampung Teluk Sumbang, bahkan hingga sampai ke Kabupaten Kutai Timur. Jalan poros sepanjang 25 km ini juga melewati beberapa destinasi wisata yang berada di Teluk Sumbang, yakni Lamin Guntur dan Air Terjun Bidadari. Saat ini, pengaspalan sudah dilakukan hingga 12 km dari titik awal jalan poros kampung.

Tahap pengaspalan jalan poros Teluk Sulaiman – Teluk Sumbang ditargetkan selesai pada tahun 2022 mendatang. Pihak Kecamatan Biduk-Biduk dalam hal tersebut terus melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Berau. Mengenai anggaran yang diperoleh dalam pengaspalan jalan poros ini, Camat Biduk-Biduk menerangkan bahwa ada 3 sumber anggaran yang digunakan.

“Untuk anggaran pengaspalan jalan poros ini ada beberapa sumber diantaranya dari BanKeu Provinsi, APBN, dan juga dari APBD. Untuk pengaspalan ini juga sudah dimulai dari akhir tahun 2020 kemarin dimana 3 km dari jalan ini sudah diaspal kemudian 8 km baru dilanjutkan tahun ini. Tidak hanya pengaspalan pelebaran jalan juga dilakukan agar jalan poros ini lebih lebar untuk dilalui kendaraan roda 4,” terang Camat Biduk-Biduk.

Baca juga:  KUPP Kelas II Tanjung Redeb Gelar Bimtek Penggunaan Layanan E-Blanko untuk 150 Perusahaan

Lebih lanjut, Camat Biduk-Biduk Abdul Malik menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau yang sudah melakukan pengaspalan jalan poros ini. Ia juga mengharapkan pengaspalan jalan ini dapat rampung sesuai dengan target yang ditentukan sehingga dapat segera digunakan oleh masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Berau dalam hal ini Dinas PUPR karena telah mengaspal jalan akses satu-satunya ini. Melalui jalan ini tentunya dapat mempermudah akomodasi untuk menuju tempat wisata di Kampung Teluk Sumbang. Kemudian, hasil pertanian di Kampung Teluk Sumbang ini cukup melimpah, sehingga dengan diaspalnya jalan ini hasil pertanian di kampung itu dapat diakses keluar kampung. Harapannya, semoga jalan ini dapat digunakan pada tahun 2022 mendatang dan juga semoga pengaspalan ini dapat dilakukan juga sampai ke Kabupaten Kutai Timur juga karena jalan poros ini juga bisa tembus sampai ke kabupaten tersebut.” tutup Camat Biduk-Biduk, Abdul Malik. (Chr).

Read Previous

Cadangan Beras Menipis, Dinas Pangan Salurkan 55.520 Ton Beras Selama Pandemi Covid-19

Read Next

Presiden Jokowi Tanam Mangrove di Tana Tidung

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *