Pemetaan dan Diteksi Dini Merupakan Upaya Pencegahan Penyakit.

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Puskesmas dan Pemerintahan Kampung Labanan Makmur menggelar forum diskusi masalah kesehatan dengan masyarakat setempat

Melalui Forum yang dinamakan kegiatan Survei Mawas Diri (SMD) yang digelar di Ruang Pertemuan Kantor Kepala Kampung Labanan Makmur, Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini dihadiri 30 peserta yang terdiri dari ketua RT, Pengurus Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Babinsa dan Babinkamtibmas setempat. Kamis lalu,(28/10/2021)

<Kepala Kampung Labanan Makmur, Mupit Datusahlan, menerangkan tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan pemetaan dini dan pendeteksian dini penyakit di tingkat masyarakat agar mudah melakukan langkah-langkah pencegahan dan juga langkah kebijakan yang diambil.

“Hal ini sangat penting mengingat berbagai penyakit saat ini sangat mudah berkembang dan menyebar di masyarakat, melalui forum ini masyarakat dapat berkonsultasi dan berdiskusi dengan petugas kesehatan dari Puskesmas Labanan Makmur, sehingga masalah atau keluhan tentang kesehatannya bisa ditangani sedini mungkin,” terangnya.

Masih kata Kepala Kampung, seluruh komponen masyarakat harus terlibat dalam upaya pencegahan penyakit yang berlotensi membahayakan kesehatan masyarakat.

“Program ini digalakkan agar bisa saling melengkapi dan memperkuat, serta berbagi peran sesuai kemampuan dan kewenangannya. Semoga dari hasil diskusi pada forum ini, maayarakat semakin memahami masalah kesehatan. Begitu juga terkait masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki kartu jaminan kesehatan, pihak kampung dan puskesmas pasti siap membantu tambahnya.

Diwaktu yang sama, Kepala Puskesmas Labanan Makmur, Suparno menyampaikan bahwa masih banyak masyarakat yang belum memiliki kartu jaminan kesehatan.

“Jadi hasil diskusi tadi kami menemukan banyak masyarakat yang tidak mengurus dan tidak  mengetahui lebih lanjut bagaimana manfaat dari kartu jaminan kesehatan ini. Maka dari itu kami siap membantu dan memberikan bimbingan tentang tata cara pengurusan kartu jaminan kesehatan serta pengetahuan mengenai pentingnya kartu tersebut,” terangnya. (Chr).

Baca juga:  HUT Kampung Tumbit Dayak Ke- 259 Tahun Suguhkan Upacara Adat "Bekudung Betiung"

Read Previous

KPK Bersama Pemkab Berau Gelar Rapat Monitoring Dan Evaluasi Program Pemberantasan Korupsi

Read Next

420 Paket Sembako Dibagikan Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *