BNNP Kaltim Rekomendasikan BNK Berau Segera Naik Tingkat

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Seiring dengan maraknya kasus narkotika di Bumi Batiwakkal, Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Berau direkomendasikan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Timur untuk segera naik tingkat menjadi Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota (BNNK).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala BNNP Kalimantan Timur, Brigjen Pol Wisnu Andayana, saat ditemui tim Lensaku.id dalam acara ramah tamah di Kediaman Bupati Berau, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur beberapa hari lalu.

“Kabupaten Berau merupakan pintu jalur perdagangan narkotika ke Kalimantan Timur, walaupun kasus terbanyak masih didominasi Kota Samarinda dan Kota Balikpapan. Hal itu tentunya tidak menutup kemungkinan Kabupaten Berau menjadi serupa, apabila tidak dilakukan pencegahan sedini mungkin. Perubahan BNK yang naik tingkat menjadi BNN Kota ini ada regulasinya juga dan itu tertuang pada Peraturan Badan Narkotika Nomor 6 Tahun 2020,” terangnya.

Lebih lanjut, Kepala BNNP kaltim mengatakan, untuk perubahan BNK Berau yang naik tingkat menjadi BNNK ini akan direalisasikan pada tahun 2022 mendatang.

“Secepatnya kami akan merealisasikan perubahan BNK Berau menjadi BNNK ini, dan paling lamat pada tahun 2022,” tambahnya.
Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, Bupati Hj. Sri Juniarsih, MAS menyambut baik langkah dari BNNP Kaltim untuk menaikan BNK menjadi BNNK Berau.

“Tentunya, dengan perubahan BNK Berau yang segera naik tingkat menjadi BNNK dapat mendukung upaya kami dalam melakukan pengawasan terhadap kasus narkotika di Bumi Batiwakkal. Kemudian, capaian ini juga dapat membantu kami untuk memperketat pemeriksaan narkoba mengingat Kabupaten Berau yang merupakan daerah wisata di Kalimantan Timur. Oleh sebab itu, kami dari Pemerintah Daerah sangat mendukung upaya BNNP ini serta segala upaya lainnya untuk bekerja sama memerangi narkoba,” tuturnya.

Baca juga:  KUPP Kelas II Tanjung Redeb Gelar Bimtek Penggunaan Layanan E-Blanko untuk 150 Perusahaan

Lanjut, Bupati Berau berharap capaian peningkatan BNNK ini dapat mendukung program Kabupaten Berau dalam memerangi narkoba. Ia juga meminta dukungan dari segala aspek untuk mendukung pengawasan terhadap barang haram tersebut.

“Selama ini kami sudah berkoordinasi dan bekerja sama dengan BNK dan Polres Berau, mulai dari pemusnahan, penyidikan, pengawasan, dan sebagainya dan langkah tersebut tidak akan maksimal tanpa adanya dukungan masyarakat. Oleh karena itu, saya memohon kepada masyarakat apabila ada yang melihat tolong dilaporkan, pasti pelaku juga akan diproses supaya segera keluar dari ketergantungan barang haram ini. Misi kami adalah untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) daerah yang cerdas, dan itu tidak akan mungkin terjadi apabila anak-anak di daerah kami ketergantungan dengan narkoba,” pesan Bupati Berau. (Chr).

Read Previous

Alunan Benuanta Jadi Panggung Reuni Pegiat Musik Etnis Kaltara

Read Next

Open Tournament Korfball Antar Klub Tahun 2021, Berau Undang Samarinda Dan Bulungan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *