Kunjungi Bumi Batiwakkal, Menko PMK RI Muhadjir Effendy Blusukan Ke Kelurahan Gayam Bertemu Masyarakat

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Dalam rangka kunjungan kerja ke Kabupaten Berau, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, blusukan menemui masyarakat di Kelurahan Gayam, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur pada Rabu (03/11/2021).

Blusukan diawali dengan kegiatan gowes sepeda dari Hotel Palmy, yang kemudian berkeliling Kecamatan Tanjung Redeb pada pukul 06.30 WITA tadi. Disela-sela gowes sepeda itu, Menko PMK RI secara mendadak menghentikan sepedanya dan berinteraksi langsung dengan masyarakat di Kelurahan Gayam.

Blusukan Menko PMK RI ini disambut langsung oleh Lurah Gayam, Iskandar Zulkarnain. Didampingi Lurah Gayam, Menko PMK RI berjalan santai dan singgah ke lokasi Pasar Manunggal di Kelurahan Gayam. Dalam persinggahannya itu, Menko PMK RI membagikan sembako kepada masyarakat yang tidak mampu dan terdampak Covid-19 sebanyak 50 paket sembako di sekitar Kelurahan Gayam.

“Tentunya kami sangat bersyukur atas blusukan Menteri PMK ke kelurahan kami. Memang dikarenakan ini secara mendadak, jadi kami tidak sempat mempersiapkan apa-apa dan kami juga tidak mendata keseluruhan masyarakat mana saja yang tidak mampu ataupun terdampak Covid-19. Jadi, untuk paket sembako ini langsung kami distribusikan bersama Bapak Menteri kepada masyarakat di Kelurahan Gayam,” ujar Lurah Gayam, Iskandar Zulkarnain.

Selain pembagian sembako, dilakukan juga pemberian masker kepada masyarakat yang sedang beraktivitas. Menko PMK RI, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, menuturkan bahwa blusukan tersebut bertujuan untuk memastikan apakah bantuan sosial dari Pemerintah Pusat sudah tepat sasaran.

“Dalam blusukan ini sudah saya sampaikan kepada Bapak Lurah untuk dilakukan pembenahan terkait penerima bantuan-bantuan sosial dari Pemerintah Pusat seperti penerima program PKH, penerima Bansos BPNT, penerima BTPKLW, dan sebagainya. Jadi, saya meminta agar dibenahi dan divalidasi kembali bantuan-bantuan itu dengan bersinergi bersama instansi terkait, agar bantuan sosial dapat tepat sasaran” tuturnya.

Baca juga:  KUPP Kelas II Tanjung Redeb Gelar Bimtek Penggunaan Layanan E-Blanko untuk 150 Perusahaan

Tak hanya itu, Menko PMK RI juga mengingatkan masyarakat untuk tetap memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan lainnya saat beraktivitas. Menurutnya, meskipun Kabupaten Berau telah memasuki level 3 PPKM, Ia meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Tentunya kami semua berharap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini dapat segera pulih dan bangkit kembali dari pandemi Covid-19. Oleh karena itu, dimohon masyarakat untuk bersabar dan terus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku,” tambahnya.

Lebih lanjut, dalam blusukan ini, Lurah Gayam menyampaikan aspirasinya terkait peningkatan drainase dan jalan di Pasar Manunggal. Menurutnya, peningkatan tersebut untuk mencegah terjadinya pencemaran limbah.

“Kami sudah sampaikan semoga usulan kami ini segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Pusat agar sarana Pasar Manunggal ini dapat tertata dengan rapih,” ungkapnya.

Adapun dalam blusukan ini, Menko PMK RI didampingi juga oleh Wakil Bupati Berau, H. Gamalis. Kunjungan kerja Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK RI), Prof. Dr. Muhadjir Effendy ini, dalam rangka menghadiri peletakan batu pertama pembangunan kampus Universitas Muhammadiyah Berau (UMB) di Kecamatan Tanjung Redeb. (Chr).

Read Previous

Bupati Ibrahim Ali, RPJMDes Harus Selaras Dengan RPJMD Kabupaten

Read Next

Menko PMK RI Muhadjir Effendy Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Universitas Muhammadiyah Berau

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *