• Sabtu, 22 Juni 2024

Syarifatul Sadiah Nahkodai IKA PAKARTI Kabupaten Berau Periode 2021-2026

BERAU, Lensaku – Musyawarah Daerah DPD Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (IKA PAKARTI) telah selesai dilaksanakan. Hasil musyawarah disepakati Hj. Syarifatul Sadiah sebagai Ketua DPD IKA PAKARTI Periode 2021-2026.

Musyawarah Daerah IV ini digelar di Balai Mufakat, Jalan Cendana, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur pada Minggu (28/11/2021).

Saat diwawancara oleh awak media, sebagai Ketua DPD IKA PAKARTI Kabupaten Berau yang terpilih, Syarifatul Syadiah yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua I DPRD Berau menerangkan, bahwa IKA PAKARTI merupakan paguyuban besar yang menaungi 24 Pilar dari tanah jawa yang disatukan di dalam IKA PAKARTI.

“Setelah terpilih, tim formatur akan membentuk kepengurusan agar secepatnya bisa bekerja. Karena menurutnya, sebelum dikukuhkan dirinya merasa belum legal. Semoga bisa terlaksana cepat, karena ia merasa bertanggung jawab sebagai suku yang salah satu terbesar di Kabupaten Berau,”jelas Syarifatul Syadiah.

Lanjut Syarifatul, sebagai salah suku terbesar saya ingin merangkul, IKA PAKARTI dalam hal ini akan siap bersinergi dengan pemerintah dan seluruh stakeholder untuk membangun Kabupaten Berau,Prinsip dari IKA PAKARTI adalah dimana Bumi dipijak disitu langit dijunjung, orang Jawa selalu mengedepankan gotongroyong, guyup rukun serta asah, asih dan asuh, imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPP IKA PAKARTI Kalimantan Timur yang juga menjabat Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi Wongso menuturkan kegiatan ini merupakan amanah Mubes IV IKA PAKARTI yang dilakukan serentak di seluruh Kalimantan Timur.

“Mulai bulan Juli dimulai dan ditargetkan Desember depan akan selesai seluruhnya,” ucapnya.

Rusmadi berharap untuk Ketua DPD IKA PAKARTI Kabupaten Berau yang terpilih agar mengedepankan pada soal moral serta nilai luruh budaya bangsa dan soal kepribadian.

Lanjutnya, Rusmadi mengungkapkan tiga tugas besar IKA PAKARTI ke depan untuk bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten Berau. Yaitu mengangkat harkat dan martabat anggota para IKA PAKARTI Berau.

“Pertama sudah pasti mengangkat harkat martabat anggotanya sendiri,” jelasnya.

Rusmadi menambahkan, tugas penting IKA PAKARTI juga untuk menjaga nilai budaya tanah Jawi agar selalu dilestarikan. Itulah mengapa, disetiap kegiatan IKA PAKARTI selalu menyelipkan adat budaya Tanah Jawi seperti gamelan, sinden hingga tari-tarian. (Chr)

Read Previous

Hadiri Musda IV DPD IKA PAKARTI, Bupati Berau Amanatkan Jangan Ada Politisasi Dalam Lingkungan Paguyuban

Read Next

Pemprov Kaltim Alokasikan Anggaran Rp. 100 Miliar Untuk Porprov 2022

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular