Bupati Berau Resmikan Pemasangan WiFi Gratis Di Perpustakaan Taman Sanggam

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Bupati Berau, Hj. Sri Juniarsih, MAS. meresmikan pemasangan WiFi gratis di sekitar Taman Sanggam dan Gedung Perpustakaan Kabupaten Berau. Peresmian ini digelar di Taman Sanggam, Kelurahan Kampung Bugis, Kecamatan Tanjung Redeb, Kalimantan Timur pada Rabu (01/12/2021).

Dalam pemasangan jaringan WiFi gratis ini, Pemkab Berau menggangdeng anak perusahaan PLN, yakni ICON+, untuk menginstalasi jaringan internet nirkabel tersebut dilingkungan Gedung Perpustakaan dan Taman Sanggam.

Dikatakan Bupati, bahwa pemasangan WiFi gratis untuk masyarakat Kabupaten Berau ini merupakan janji politiknya saat berkampanye. Dirinya juga menambahkan, realisasi program tersebut sempat tertunda akibat anggaran yang harus difokuskan untuk penanggulangan covid-19.

“Pada hari ini kami launching WiFi gratis yang diberikan support dari PLN kepada Pemkab Berau untuk dimanfaatkan di daerah Perpustakaan dan Taman Sanggam. Ke depan, ada support dari Perbankan yang akan memberikan WiFi di beberapa tempat yang menjadi blank spot,” ucapnya.

Lanjut Bupati, bahwa saat ini ada beberapa titik lain yang diprioritaskan untuk pemasangan jaringan internet nirkabel tersebut seperti di daerah-daerah yang merupakan kawasan pendidikan, kawasan pemerintahan, kawasan bisnis dan perkantoran, serta wilayah-wilayah penting lainnya yang membutuhkan akses Internet.

“Kami mengajak rekan-rekan baik itu PLN, Perbankan, dan sebagainya untuk supaya turut andil dalam hal memberikan support kepada pemerintah karena mereka punya CSR sehingga dapat dimanfaatkan untuk Wifi gratis dan supaya bisa dirasakan oleh masyarakat banyak,”terangnya.

Dengan adanya jaringan WiFi gratis ini, Bupati Berau berharap agar masyarakat mulai memanfaatkan WiFi gratis ini dengan sebaik-baiknya, khususnya kepada UMKM dalam hal mempromosikan produknya, pelajar, dan karyawan perkantoran serta pegawai pemerintahan.

“Jadi WiFi gratis ini khusus untuk bisnis, belajar, dan koordinasi tentang perkantoran. Tetap kita perhatikan disini, untuk tidak membuka konten-konten yang bersifat negatif. Oleh karena itu, saya meminta kepada Kominfo untuk menutup konten-konten yang sifatnya negatif ini,” tegasnya.

Baca juga:  Total Hadiah Rp 52 Juta, Turnamen Sepak Bola KNPI Cup 2022 Resmi Dibuka

Sementara itu, Manajer Kantor Perwakilan ICON+ Wilayah Samarinda, Krisna Aditama, menjelaskan bahwa acces point jaringan WiFi di sekitar Gedung Perpustakaan dan Taman Sanggam ini terbagi 4 titik dengan kecepatan internet mencapai 50 Mbps.

“Satu acces point itu kapasitas maksimalnya 30 user dengan area coverage itu sekitar 20 meter. Dikarenakan kita memakai antena sektoral, jadi kita memasang 4 titik untuk mengcover semua wilayah di Taman Sanggam” jelasnya.

Diungkapkan oleh Krisna Aditama, bahwa pemasangan jaringan WiFi gratis di sekitar wilayah Gedung Perpustakaan dan Taman Sanggam ini akan dimanfaatkan untuk melengkapi fasilitas di Gedung Perpustakaan.

“Kami sudah bicarakan dengan Bupati dan ini adalah amanat beliau untuk WiFi gratis ini diutamakan untuk anak-anak atau masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan agar dapat belajar melalui media internet,” pungkasnya. (Chr).

Read Previous

Berantas Stunting, Pemkab Berau Bentuk Tim Percepatan Dan Launching AKU KB

Read Next

Masuk Bulan Desember, BMKG Ingatkan Bahaya LA NINA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *