• Senin, 17 Juni 2024

Masuk Bulan Desember, BMKG Ingatkan Bahaya LA NINA

BERAU – Lensaku, Reygik Riskianera, Forecaster Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Kabupaten Berau, mengimbau masyarakat agar waspada, terhadap cuaca ekstrem La Nina.

La Nina adalah suatu fenomena global yang dapat mempengaruhi meningkatnya potensi hujan. Fenomena yang harus diwaspadai masyarakat lokal ada dua yaitu La Nina dan El Nino.

“Faktor utamanya yaitu penyinaran matahari yang kita terima, Namun yang akan kita hadapi adalah awan Kumunolimbus dan awan Towering Cumulus itulah yang membuat konvektifnya kuat seperti hujan lebat yang disertai petir,” ucap Reygik.

Adanya awan konvektif ini bisa menyebabkan perubahan angin menjadi kencang secara tiba-tiba dan sangat berdampak di penerbangan lalu meningkatkan potensi hujan.

“Perkiraan kita, puncak hujannya itu ada di Desember-Januari faktornya yaitu awan konvektif tadi, La Nina juga berpengaruh dan fenomena alam lainnya,” lanjutnya.

Adanya pergeseran udara ke wilayah Kabupaten Berau membuat meningkatnya curah hujan, Namun La Nina yang akan dihadapi sekarang bersifat lemah dan tidak signifikan.

“Pengaruh La Nina di Berau bisa banjir, tanah longsor, namun curah hujan kali ini dikategorikan normal sampai diatas normal jadi masih aman,” Tutup Reygik.

Curah hujan di Berau diperkirakan puncaknya di bulan April 2022 nanti dan puncak La Nina di bulan Desember – Januari. Setelah puncak La Nina nanti selesai, ada kemungkinan muncul El Nino karena masa udara sudah berpindah yang membuat kemarau panjang atau mundurnya awal musim hujan. (dez).

Read Previous

Bupati Berau Resmikan Pemasangan WiFi Gratis Di Perpustakaan Taman Sanggam

Read Next

KONI Berau Upayakan Anggaran Ke Pemda  Untuk Kebutuhan Atlet Di Porprov 2022 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular