Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan 1 Tahun 2021 Resmi Ditutup

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angakatan 1 tahun 2021 di lingkungan Pemkab Berau resmi ditutup. Kegiatan yang diadakan oleh Pemkab Berau bersama Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Berau bekerja sama dengan Puslatbang KDOD LAN digelar di Gedung Balai Mufakat, Jalan Cendana, Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur pada Jumat lalu (10/12/21).

Kegiatan ini dihadiri oleh, Wakil Bupati Berau, Gamalis; Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen Aparatur Sipil Negara LAN Agus Sudrajat, Kepala Punlatbang KDOD LAN, Mariman Darto, Asisten I Setda Berau, M.Hendratno, Asisten III Setda Berau, Maulidiyah; Kepala Badan Kesbangpol Berau, Abdurrahman, Kepala BKPP Berau, Muhammad Said, Kepala Dinas Sosial,Totoh Hermanto,
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Tentram Rahayu, Kadis Nakertrans, Junaidi, Kepala DPMK Ilyas Natsir,
Plt Kepala DPPKBP3A, Dahniar Ratnawati, 38 Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator, serta Tamu Undangan lainnya.

Dalam kegiatan aksi perubahan PKA itu dipilih 3 terbaik yang dinilai langsung oleh Deputi Pusat atau Lembaga Administrator Negara (LAN) diantaranya, peserta terbaik predikat pertama, Bustan Kabid Bapelitbang Berau selaku mentornya ialah Asisten 2 Berau/PJS Kepala Bapelitbang Agus Wahyudi, sementara itu peserta terbaik kedua ialah Bambang, Kabid BPKAD dengan mentornya ialah Maulidiyah Asisten 3/PJS BPKAD. Dan peserta terbaik 3 ialah Junaidi, Kabid Preservasi Jalan Dan Jembatan DPUPR yang dimentori langsung oleh Taupan Majid selaku Kadis PUPR.

Wakil Bupati (Wabub) Berau, H. Gamalis, membuka sambutan dengan menjelaskan tujuan Pelatihan Kepemimpinan Administrator ini sejatinya bertujuan untuk mengembangkan kompetensi para peserta, dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial. Capaian akhir dari proses pelatihan ini adalah membentuk seorang pemimpin yang memiliki kompetensi berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku seorang ASN yang dapat diamati, diukur, dan dibebankan dalam melaksanakan tugas jabatannya.

Baca juga:  Presiden Perbolehkan Masyarakat Tidak Pakai Masker Di Luar Ruangan, Kadinkes : Kembali Ke Diri Masing-Masing

Wabup itu juga menambahkan, melalui pelatihan ini, sebisa mungkin mengkonsepkan segala persiapan agar menjadi pegawai pemerintah yang berpengetahuan, berkapabilitas, serta bertalenta tinggi dengan peningkatan kinerja sebanyak 400%. Di era revolusi industri juga mengharuskan kita untuk bekerja lebih cerdas.

“Saya sangat berharap semua ASN di Kabupaten Berau dapat memberikan kontribusi terbaiknya terhadap pemerintah daerah guna mewujudkan bersama visi Kabupaten Berau yang Maju dan Sejahtera dengan Sumber Daya Manusia yang Handal untuk Transformasi Ekonomi dalam Peningkatan Sumber Daya Alam secara Berkelanjutan,” Ujarnya.

Selain itu, tuntutan Pembangunan Jangka Menengah yang tertuang dalam Perpres Nomor 18 Tahun 2020 telah mengamanatkan kepada setiap instansi pemerintah, agar mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5-6% hingga 2024 meskipun di tengah pandemi, untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Dan saya mengajak kepada kita semua, para abdi negara, agar menjalin sinergitas dan menumbuhkan semangat dalam diri masing masing untuk memberikan pelayanan masyarakat yang maksimal, dalam rangka kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Bumi Batiwakkal, Kabupaten Berau yang kita cintai ini. Saya sangat yakin dan percaya, peserta yang telah mengikuti PKA adalah pribadi yang berintegritas, yang insyaallah akan mengemban amanat bangsa dengan sebaik baiknya,” tambah Gamalis.

Sementara itu, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen Aparatur Sipil Negara LAN, Agus Sudrajat mengucapkan selamat kepada seluruh peserta PKA Angkatan I yang telah menyelesaikan pelatihan yang dilaksanakan secara blended learning (Virtual dan Klasikal) yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi kepemimpinan administrator.

“Ucapan apresisasi kepada Bupati Berau dan Wakil Bupati Berau yang mewakili beserta jajarannya yang telah memberikan
kepercayaan untuk bekerjasama dengan Puslatbang KDOD Lembaga Administrasi Negara,” Ujarnya.

Agus Sudrajat menjelaskan di penghujung Tahun 2021 ini, bangsa Indonesia masih dihadapkan pada ujian pandemi covid-19 yang telah mentransformasikan berbagai dimensi kehidupan. Apalagi terdapat ancaman varian virus baru bernama omicron yang telah menyebar di berbagai negara. Tentunya penanganan pandemi ini memerlukan upaya bersama seluruh unsur bangsa untuk bahu membahu agar dampak pandemi dapat segera diatasi.

Baca juga:  Soal Penutupan Jembatan Sambaliung, Begini Kata Legislator Komisi III DPRD Berau

“Dengan penguasaan kompetensi kepemimpinan kinerja ini, kami berharap agar peserta memiliki karakter dan sikap perilaku kepemimpinan Pancasila yang berintegritas, menjunjung tinggi etika birokrasi yang berwawasan kebangsaan, serta bertanggung jawab dalam mempimpin seluruh kegiatan pelayanan publik di unit instansinya. Kompetensi ini dibutuhkan dalam rangka membangun birokrasi kita menjadi pemerintahan kelas dunia (world-class),” Harapnya.

Sementara itu, salah seorang peserta PKA, Kepala Bidang Bapelitbang Berau, Bustan mengungkapkan dirinya mengucapkan terima kasih dan atas terpilihnya menjadi peserta PKA Terbaik peringkat 1 dari 38 Peserta yang mengikuti.

“Mudah mudahan teman-teman peserta 38 orang yang mengikuti ini bisa mengaktualisasikan aksi perubahan dilingkungan kerja masing masing, sehingga bisa mewujudkan visi dan misi kepala daerah yang tujuannya untuk Berau maju dan sejahtera. Dan mudah mudahan misi yang kemaren juga dapat diintegrasikan,” Tutur Bustan

Dirinya mengungkapkan berangkat dari pengalaman di Bappeda selama 5 tahun terkait dengan data yang ia olah, dirinya membuat inovasi dengan membuat sistem informasi data (SI INDA) pembangunan Kabupaten Berau

“Karena kenapa, permasalahan yang saya lihat data itu ialah sebagai informasi ketika data tidak diolah, maka tidak bisa menjadi informasi. itulah makanya saya berangkat dari sana dan membuat suatu inovasi Aksi perubahan SI INDA pembangunan Kabupaten Berau ini,” Terang Bustan

Bustan juga mengaku bersyukur, dalam PKA ini dirinya mendapatkan predikat satu terbaik. Lebih lanjut, dirinya ke depan akan mendaftarkan inovasinya ke Menpan, dengan mempersiapkan segala rencana untuk mengikuti lomba secara Nasional, pungkasnya (Chr)

Read Previous

Mubes KKB NTT Berharap Dapat Terbinanya Persatuan

Read Next

Bupati Berau Terima Izin Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut Untuk Warga Maratua

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *