Kodim 0914 / TNT Siapkan 110 Hektar Untuk Program Integrated Farming System ( IFS )

Vinkmag ad

TANA TIDUNG, LENSAKU – Melalui rapat virtual, Komandan Kodim (Dandim) 0914 / Tana Tidung, Letkol Czi. Tri Priyo Utomo didampingi oleh Pasiter, Kapten Inf Tri Pujiono dan sejumlah Babinsa mengikuti Lounching pembukaan lahan ketahanan pangan IFS secara serentak.

Acara yang dibuka langsung oleh Pangdam VI Mulawarman ini juga diikuti oleh 20 perwakilan kelompok tani yang dilaksanakan di Makodim 0914 / TNT pada Jumat, (17/12/21).

Dalam keempatan yang sama, Dandim Tana Tidung menyampaikan, melalui sistem pertanian terpadu atau IFS yang akan dilaksanakan di Tana Tidung, pihaknya sudah menyiapkan lahan seluas 110 Hektar.

“Kita sudah siapakan lahannya, termasuk sejumlah bibit tanaman pertanian maupun bibit ikan”, kata Dandim.

Lanjut Dandim, melalui program IFS ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam pemulihan perekonomiannya selama pandemi covid-19. Selain itu, melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan mutu petani, kemandirian serta mewujudkan petani yang lebih modern, harapnya.

Dengan sistem pertanian terpadu, Dandim menjelaskan, integrasi antara pertanian, perikanan dan peternakan dijadikan dalam satu kawasan yang hasilnya bisa terus berkelanjutan.

“Saya kira dengan penerapan pertanian terpadu bisa lebih efektif, dalam satu lahan bisa ditanami bermacam tanaman, bisa padi, jagung, tomat dan kacang – kacangan lainnya,. Begitu juga dengan peternakan dan perikanan seperti petrnakan ayam, perikanan ikan lele dan lainnya”, beber Dandim.

Bagusnya lagi, dengan sistem IFS ada hasl pertanian maupun peternakan yang kontinyu, ada yang bisa dipanen harian, mingguan maupun bulanan, pungkas Dandim. (818).

Read Previous

Jagung Menjadi Komoditi Paling Unggul Di Berau

Read Next

Kerjasama Antar OPD, Tingkatkan Pemerintahan Yang Bersih, Berwibawa, Transparan dan Akuntabel

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *