Operasi Lilin Mahakam 2021 Resmi Digelar

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Polres Berau melakukan Apel Operasi Lilin Mahakam dihalaman Kantor Polisi Berau yang dimana operasi ini dimulai sejak 23 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang.

Operasi Lilin tahun ini melibatkan 177.212 personel pengamanan gabungan yang terdiri dari 103.000 personel Polri, 19.000 Personel TNI, dan 55.000 Personel instansi terkait seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan, Damkar, Linmas, serta instansi – instansi lainnya yang fokus memberi keamanan.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Berau saat memimpin Apel Gelar Pasukan dan membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Di halaman Kantor Polres Berau pada Kamis (23/12) pagi.

Bupati menuturkan dengan dilaksanakannya operasi gabungan ini agar dapat fokus dibeberapa titik yakni Gereja, Tempat Wisata, Pusat Perbelanjaan, Tempat Perayaan Tahun Baru, Terminal, Pelabuhan, dan Bandara.

Sementara itu AKBP Anggoro Wicaksono selaku Kapolres Berau menyampaikan dalam Operasi Lilin yang digelar tahun ini diprioritaskan pengamanan untuk Nataru.

“Semua rangkaian peribadahan dan kegiatan masyarakat khususnya jemaat Nasrani semua kita lakukan pengamanan. Termasuk menjelang Tahun Baru,” Tutur Kapolres.

Lanjut, Sri mengakui bahwa berdasarkan Kemenhub RI diprediksi bakal ada 11 juta masyarakat yang melaksanakan mobilitas selama periode libur nataru.

“Melihat dari pengalaman tahun lalu, peningkatan mobilitas menyebabkan penambahan kasus terkonfirmasi covid – 19 sebesar 125 persen atau 6.437 kasus perharinya, dan pada tanggal 25 Desember 2020 menjadi 14.518 kasus positif perharinya,” beber sri.

Bupati juga berharap untuk personel yang melaksanakan Operasi Lilin ini bisa saling bekerja sama dan menjalin integritas dengan instansi – instansi yang terkait dalam mencegah melonjaknya kasus menjelang nataru nanti.

Sementara itu, untuk mendukung pelaksanaan pihak kepolisian juga menyediakan pos pengamanan di tempat wisata yang kemungkinan nantinya ada pengunjung untuk mengisi waktu liburnya.

Baca juga:  Ibu Negara Sambangi Stand Dekranasda Berau di Ajang Kriyanusa 2022

“Ada 15 posko terbagi dari pospam atau pos pengamanan, posyan atau pos pelayanan, pos check point dan pos terpadu. termasuk juga pos wisata tadi,” Ujar Kapolres.

Terakhir, orang nomor satu di Polres Berau tersebut menuturkan bahwa semua unsur yang terdiri dari TNI-Polri dan instansi terkait lainnya semua dilibatkan.

“Kita bersinergi agar pelaksanaan operasi pengamanan pada malam tahun baru dapat berjalan lancar. termasuk untuk mencegah adanya tambahan kasus covid karena Berau sudah termasuk zona hijau,” Tutupnya. (Dez)

Read Previous

Bupati Berau Lantik 28 Kepala Kampung Terpilih

Read Next

Mengaku Tak Penuhi Syarat Pendidikan, Satu Kepala Kampung Mengundurkan Diri

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *