Vinkmag ad

Tenaga Penyuluh Pertanian dan Peternakan Masih Kurang, Distanak Berau Upayakan Rekrut Kelompok Tani Yang Mampu

BERAU – LENSAKU, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Berau mengatakan untuk tenaga penyuluh pertanian dan peternakan yang turun kelapangan saat ini masih kurang. Karena beberapa tenaga penyuluh tersebut pada tahun 2022 ini akan memasuki masa pensiun.

Mustakim selaku Kepala Distanak Kabupaten Berau, menuturkan bahwa untuk tahun 2022 ini belum adanya penambahan tenaga penyuluh di lapangan. Dikarenakan adanya peraturan tentang larangan pengangkatan tenaga honorer.

“Ditahun ini ada 4 orang tenaga penyuluh kita yang memasuki pensiun, tentu hal itu membuat formasi penyuluh kita di lapangan semakin berkurang,” Ujar Mustakim.

Mustakim menyebut, untuk saat ini tenaga penyuluh lapangan Distanak Berau hanya memiliki 50 tenaga penyuluh lapangan. Tentu saja angka tersebut berkurang dengan 4 orang yang pensiun itu.

“Seharusnya untuk 2 Kampung harus ada 1 tenaga penyuluh. Kalau hanya 46 kan tidak sampai, itulah permasalahan kami saat ini,” Ucap Mustakim.

Sementara itu, Mustakim juga menyampaikan untuk P3K berjumlah 18 orang dan tenaga penyuluh ASN sebanyak 32 orang.

Menurutnya, dengan adanya kekurangan ini pihaknya mengupayakan ke Pemerintah Pusat agar penyuluh pertanian dan peternakan di Kabupaten Berau dapat ditambah.

“Sementara untuk tahun ini kita masih menunggu formasi dari Mentri pertanian, tekait tenaga penyuluh tersebut, apakah tahun ini ada atau tidak ada, kami tetap mengupayakan untuk pengusulan ke pusat,” bebernya.

Kendati demikian Mustakim menyampaikan, untuk mengatasi formasi tenaga penyuluh lapangan Distanak yang kurang pihaknya akan merektrut penyuluh-penyuluh kelompok tani yang mampu.

“Kita support tenaga swakarsa yang artinya tidak dibiayai pemerintah, paling tidak kedepannya kita kumpulkan petani dan nantinya merekalah yang akan menjadi narasumber lalu pihak distanak sendiri yang membiayai,” Tandas Mustakim. (Dez)

Baca juga:  Upaya Menggaet Maskapai Baru, Dishub Berau Menghadap ke Kemenhub

Read Previous

Read Next

WABUP HENDRIK : Perkuat Silaturahmi Melalui Olahraga Voli

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *