Pemkab Berau dan DPRD Ikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXVI

Vinkmag ad

BERAU, LENSAKU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau mengikuti rapat peringatan hari otonomi daerah ke XXVI Tahun 2022. Rapat yang dilakukan secara virtual bersama Presiden RI dan Kemendagri itu dilaksanakan di Ruang Rapat Teleconference Diskominfo pada Senin (25/04).

Rapat virtual tersebut dihadiri oleh Asisten 11 Setkab Berau, Agus Wahyudi, Ketua DPRD Berau, Madri Pani, perwakilan TNI, Polri dan Kejaksaan Berau.

Dalam sambutan kemendagri, Tito Karnavian, yang diwakili Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro menuturkan, semangat otonomi daerah dengan mewujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang proaktif untuk membangun sinerga pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045.

“Kita perlu melakukan refleksi sejenak guna memahami kembali esensi filosofis dari diterapkannya otonomi daerah yang dimana saat ini telah berusia 26 tahun,“ tuturnya.

Diterangkan Suhajar Diantoro, secara filosofis tujuan dari pelaksanaan otonomi daerah yaitu mendelegasikan sebagian kewenangan dan sebagian urusan pemerintahan.

“Yang terpenting adalah menjadikan daerah untuk mencapai kemandirian Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKAP) dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang bisa memberikan efek peningkatan kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan juga dapat mempercepat serta terjadinya pemerataan pembangunan,” terangnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada daerah otonomi baru yang sudah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan Viscal. Dengan adanya peningkatan tersebut diharapkannya dapat dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

“Saya juga menghimbau kepada daerah yg masih rendah PAD nya agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali beberapa potensi yg dapat memberikan daya tambah dan peningkatan PAD tanpa melanggar norma dan aturan yg ada,” pesannya.

”Saya mengimbau kepada daerah yang PAD nya masih rendah agar segera melakukan inovasi untuk menggali beberapa potensi yang dapat meningkatkan PAD tanpa melanggar peraturan yang ada,“ tandasnya.

Baca juga:  Operasi Zebra 2022 Bakal Digelar Oktober, Ada 7 Sasaran Prioritas

Sementara itu, Asisten II Setda Berau, Agus Wahyudi mengungkapkan Rapat tadi ialah memperingati hari otonomi daerah ke XXVI sekaligus launching sistem informasi LPPD

Terakhir, Agus Wahyudi selaku Asisten II Setkab Berau menyampaikan hasil dari pertemuan tersebut adalah adanya arahan dari kemendagri kepada ASN untuk mengantisipasi melonjaknya Covid-19.

“Tadi ada arahan dari Kemendagri kepada ASN untuk dapat mengantisipasi melonjaknya Covid-19. Yakni dengan cara dilarang melaksanakan buka bersama dan open house di hari lebaran nanti,” tutupnya. (Dez)

Read Previous

Jalin Silaturahmi, Perumdam Batiwakkal Gelar Bukber Dengan Jurnalis

Read Next

Memperingati Hari Kartini, Bupati Ajak Kaum Perempuan Untuk Saling Mendukung

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *