Dishub : Penyedia Jasa Travel Wajib Kantongi Izin

Vinkmag ad

“Jelang Lebaran, Jasa Travel Diprediksi Meningkat”

BERAU, LENSAKU – Lebaran Idulfitri 1443 H tinggal menghitung hari. Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Berau memprediksi penumpang jasa travel akan meningkat. Terkait hal itu, Dishub melakukan sosialisasi pengurusan izin.

Dengan diperbolehkannya mudik pada hari raya tahun ini, masyarakat telah memesan jasa travel tersebut sebelum lebaran tiba. Dishub mengatakan peningkatan biasanya terjadi pada seminggu sebelum Idulfitri.

Rendyansyah sebagai Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Dishub Berau menuturkan, saat ini pihaknya tengah melakukan sidak ke setiap penyedia jasa travel guna memberi peringatan untuk segera melengkapi izin.

“Dari hasil sosialisasi kami, ada 21 penyedia jasa travel. Tetapi, semua belum memiliki izin yang sesuai dengan PM 117/2018 tentang Izin Angkutan Tidak Dalam Trayek sebagaiman yang sudah di keluarkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov),” terangnya, Rabu (27/4).

Disampaikan juga oleh Rendyansyah, bahwa setiap penyedia jasa travel diharuskan mengantongi izin angkutan tidak dalam trayek sesuai regulasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Ditegaskannya, jika kendaraan tersebut beroperasi dalam satu provinsi, maka izin juga dikeluarkan oleh pihak Pemprov.

“Tetapi jika kendaraan itu beroperasi antar provinsi, maka izin tersebut dikeluarkan dari Kemenhub,” tuturnya.

Apabila kendaraan tersebut belum mengantongi izin, maka akan ditindak oleh Dishub. Dikatakannya, untuk di Bumi Batiwakkal sendiri, terdapat berbagai macam travel yang beroperasi antar provinsi.

“Sosialisasi kami lakukan juga untuk mengingatkan para pengemudi travel agar menjaga keselamatan diri sendiri dan penumpang dalam mengendarai mobil menjelang mudik tahun ini,” jelasnya.

“Ini juga kami laksanakan dengan tujuan menjaga keselamatan diri sendiri dan penumpang dalam mengendarai mobil menjelang mudik hari raya tahun ini,” tandasnya. (Dez)

Read Previous

Polres Berau Bersama Pemkab Berau Gelar Rapat Koordinasi Jelang Hari Raya Idul Fitri

Read Next

BPBD Berau Butuh Peremajaan Mobil Damkar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *