Presiden Perbolehkan Masyarakat Tidak Pakai Masker Di Luar Ruangan, Kadinkes : Kembali Ke Diri Masing-Masing

Vinkmag ad

BERAU, LENSAKU – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Berau, Iswahyudi, merespons pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka yang beberapa waktu lalu diumumkan oleh presiden Joko Widodo.

Iswahyudi menerangkan, penggunaan masker saat ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Dikatakannya, statement yang disampaikan oleh presiden terkait memperbolehkan tidak memakai masker di luar ruangan adalah pilihan masyarakat sendiri.

“Mengenakan masker sudah jadi kebiasaan, tetapi mau memakai atau tidak, tergantung dengan kondisi yang kita yakini saat itu memang aman,“ ujar Iswahyudi, Jumat (20/5).

Iswahyudi menjelaskan, kebijakan tersebut dikeluarkan karena sudah dikaji terlebih dahulu dengan melihat situasi saat ini.

Teruntuk Kabupaten Berau sendiri, dalam beberapa bulan terakhir, kasus terkonfirmasi Covid-19 menurun tajam dan hanya tersisa 1 kasus.

“Aturan itu keluar pasti sudah dikaji dengan sebaik mungkin, jadi aturan itu tidak semata-mata di umumkan begitu saja,“ ungkapnya.

Dinilai dirinya, kebijakan itu merupakan relaksasi protokol kesehatan, walaupun masih ada aturan bahwa dalam ruangan atau tempat tertutup masih wajib mengenakan masker.

“Kalau merasa perlu, silahkan pakai maskernya. Tetapi kalau di dalam ruangan masih harus memakai masker. Jika diruangan terbuka, tidak masalah. Kembali ke diri masing-masing,“ pungkasnya. (Dez)

Baca juga:  Dukung Pengembangan Ekowisata dan Konservasi Satwa Liar di Long Sam

Read Previous

Siapkan 10 Atlet Junior Untuk Popda

Read Next

Pemkab Berau Raih Opini WTP

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *