Diberi Gelar Bangsawan, Pimpinan Pikul Aset Budaya

Vinkmag ad

BERAU, LENSAKU – Sultan Kesultanan Gunung Tabur H Adji Bahrul Hadie memberikan gelar darah biru atau bangsawan kepada Pimpinan Pemerintahan Bumi Batiwakkal, Yakni Bupati Sri Juniarsih, Aji Mas Sayang. Wakil Bupati Gamalis, Raden Mas Antasari, dan Ketua DPRD Madri Pani, Raden Mas Anom.

Pemberian gelar tersebut diselenggarakan di Keraton Kesultanan Gunung Tabur, Senin (6/6/2022) ini, berlangsung meriah. Sekaligus dibukanya Abut Bassar Banua atau Pesta Rakyat. Menurut Sultan Kesultanan Gunung Tabur H Adji Bahrul Hadie pemberian nama gelar itu tidak sembarangan, dan berdasarkan naskah tua yang baru dimenangkan di Jakarta mendapat juara satu. “Kebetulan yang mendampingi saya bupati sekarang, Sri Juniarsih,” katanha.

Sementara Bupati Berau Sri Juniarsih menyampaikan, bahwasanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau memberikan perhatian sangat besar bagi kekayaan budaya Bumi Batiwakkal.

Hal itu ditunaikan dua program unggulan, yaitu program pembangunan kawasan terpadu, pusat seni, budaya, dan kreativitas berupa taman budaya, amphitheater, pusat kreativitas, kawasan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terpadu, dan pembangunan balai adat, serta program revitalisasi bangunan bersejarah (keraton, makam, bersejarah, dan lain-lain).

“Kami menyakini, bahwasanya budaya adalah aset yang harus dijaga dan terus dipelihara sebagai kekuatan pondasi bagi kemajuan daerah,” tuturnya.

Bupati Berau itu berharap, seluruh rangkaian kegiatan Abut Bassar Banua ini bukan hanya dianggap sebagai wahana hiburan atau bahkan momentum sesaat saja. Lebih dari itu, Abut Bassar Banua ini harus mampu memacu semangat kita semua untuk semakin mencintai dan menjaga kekayaan budaya ini.

“Selain itu, saya berharap juga adanya ini dapat membangkitkan kembali roda ekonomi masyarakat selama masa pemulihan pandemi Covid-19. Sehingganya, selain kegembiraan, ajang ini pun sekaligus membawa kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (*/Ctn)

Baca juga:  Venue Mati Lampu, Laga Pertama Tenis Meja Tetap Berjalan

Read Previous

Lakukan Inspeksi Mendadak, DPRD Temukan Bermacam Permasalahan di RSUD dr Abdul Rivai

Read Next

36 Cabang Olahraga Ditetapkan, KONI Bakal Verifikasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *