Bupati Berau : Merangkul Organisasi Kedaerahan Adalah Komitmen Kami!

Vinkmag ad

BERAU, LENSAKU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau berkomitmen kuat untuk memberikan perhatian besar terhadap setiap aktivitas organisasi kedaerahan. Seperti Ika Pakarti yang merupakan organisasi besar di Kabupaten Berau dengan basis massa tersebar hampir di semua kecamatan.

Masyarakat tanah Jawa di Bumi Batiwakkal kembali bersatu menggelar pengukuhan pengurus DPD Ika Pakarti Periode 2021-2026. Prosesi pengambilan sumpah jabatan itu ikut dihadiri oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih.

Selain itu, turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Berau. Mulai dari Ketua DPRD Berau, Madri Pani; Wakil Ketua 1 DPRD Berau, Syarifatul Sa’diah; Wakil Ketua 2 DPRD Berau, Ahmad Rifai; perwakilan Polres Berau; perwakilan Kodim 0902/BRU; perwakilan Pengadilan Negeri Berau; dan perwakilan Pengadilan Agama Berau.

Bupati Berau, Sri Juniarsih, turut memberikan sambutan dan apresiasi yang besar kepada jajaran masyarakat Jawa. Dirinya berkata, adanya paguyuban besar Ika Pakarti merupakan modal pembangunan dalam merawat keharmonisan dan hidup rukun masyarakat. Secara resmi, ia pun membuka acara expo dan pentas seni yang dilaksanakan mulai tanggal 7 – 16 Juli 2022.

Adapun kegiatan tersebut dirangkaikan dengan Pengajian Tabligh Akbar bersama KH. Ali Mustaqim MTQ. Diikuti dengan pagelaran pentas seni Jawa, seperti pagelaran wayang kulit dan expo di Lapangan Pemuda Batiwakkal, Tanjung Redeb.

“Masyarakat tanah Jawa yang terhimpun dalam DPD Ika Pakarti Berau sangat berperan penting dalam mewujudkan cita-cita dan arah pembangunan Kabupaten Berau. Saya pun turut bangga dan menyambut baik pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan ini,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, aksi kolaborasi harus diperbanyak. Disertai rasa saling belajar antar kebudayaan juga harus menjadi suatu nilai tambah bagi masyarakat Kabupaten Berau yang beragam. Menurutnya, dengan demikian iklim toleransi dapat terjaga untuk kehidupan yang aman, rukun, dan sejahtera.

Baca juga:  KUPP Kelas II Tanjung Redeb Gelar Bimtek Penggunaan Layanan E-Blanko untuk 150 Perusahaan

Begitu pun dengan organisasi kedaerahan lainnya yang bernaung di Kabupaten Berau. Pemkab Berau terus menjadikan basis tersebut sebagai mitra kerja untuk mewujudkan percepatan pembangunan daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sri menerangkan, sudah menjadi komitmen kuat Pemkab Berau untuk memberikan perhatian besar kepada organisasi daerah dan pembinaan aktivitas keagamaan di Bumi Batiwakkal. Untuk menciptakan moralitas, spiritual, dan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

Pemkab Berau butuh peran dan dukungan para alim ulama, para tokoh agama, para guru, dan tak terkecuali organisasi-organisasi kedaerahan. Bukan soal menarik suara saat pesta demokrasi. Melainkan, sebagai pelaku utama dalam memberikan sumbangsih pemikiran dan aksi nyata.

“Sebagaimana, misi kami yang pertama, yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sejahtera, dan berbudi luhur. Karena itu, merangkul setiap organisasi kedaerahan adalah komitmen kami untuk menjalankan program kerja nyata pemerintah daerah,” ucapnya.

Terakhir, Sri Juniarsih berpesan kepada segenap pengurus DPD Ika Pakarti yang baru dilantik untuk membawa organisasi itu ke arah yang positif. Dengan memperhatikan integritas, profesionalitas, dan loyalitas tinggi selaras dengan misi Ika Pakarti.

“Karenanya, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat Tanah Jawa yang tergabung dalam Ika Pakarti untuk menumbuhkan rasa memiliki Kabupaten Berau sebagai tanah kebanggaan,” pungkasnya. (*/CTN)

Read Previous

Rencana Pembangunan RSUD Terus Bergulir

Read Next

Sat Resnarkoba Polres Berau Amankan Pria Dengan Sabu Seberat 11,14 Gram

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *