Konten Kreator Berau Diberikan Panggung, Pemkab Janji Adakan Lomba Di Akhir Tahun

Vinkmag ad

BERAU, LENSAKU – Angin segar untuk para pelaku konten kreator di Bumi Batiwakkal. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau memberikan wadah kepada mereka untuk mewujudkan kesempatan dalam menampilkan dan menyajikan karya-karyanya.

Hal itu dilakukan melalui kegiatan pembinaan para konten kreator dan pencinta produksi film dalam Bimbingan Teknis Peran Konten Kreator Dalam Mendukung Pengembangan Destinasi Desa Wisata di Berau. Kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Wakil Komisi X DPR RI serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, sukses membuka jalan bagi para pelaku konten kreator di Berau.

Pada kesempatan itu, seluruh konten kreator, penggiat produksi film (movie maker), selebgram, hingga para pelajar dan mahasiswa yang baru akan terjun ke media digital berkumpul untuk mendapatkan pelatihan dari para pemateri yang berpengalaman. Sekaligus mereka juga diberikan waktu untuk menunjukkan hasil karya mereka selama ini. Antusias mereka pun timbul dan ternyata mendapatkan apresiasi dari jajaran pemerintahan.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setkab Berau, Hendratno, yang mewakili Bupati Berau dalam menghadiri kegiatan itu takjub akan setiap karya yang ditampilkan oleh putra-putri daerah. Dirinya bahkan mengaku, karya yang disuguhkan oleh peserta pembinaan itu seharusnya layak diangkat ke nasional.

“Mereka sudah membuktikan karya-karyanya. Bahkan, dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sendiri memberikan apresiasi kepada mereka yang mana mengakui bahwa karya mereka ini sudah sekelas dengan yang dibuat oleh pihaknya. Ini menjadi bukti bahwa mereka tidak kalah dalam hal karya-karya yang berbasis digital,” ucapnya, usai menyaksikan kegiatan tersebut, Sabtu (6/8).

Ia pun menyebut, Pemkab Berau tidak menutup mata terhadap potensi-potensi tersebut. Dirinya mengungkapkan, sebagai kelanjutan untuk menjaga konsistensi bakat dan minat mereka, Pemkab Berau sudah mendesposisikan hal itu kepada Disbudpar Berau dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Berau.

Baca juga:  KUPP Kelas II Tanjung Redeb Gelar Bimtek Penggunaan Layanan E-Blanko untuk 150 Perusahaan

“Memang untuk hal seperti ini harus ada wadah sebagai tempat mereka untuk mengekspresikan karya-karyanya. Nanti kita akan kolaborasikan itu. Untuk anggaran bisa melalui kedua dinas itu. Tentunya karena ini acara yang sangat baru ke depan ada program untuk perancangan-perancangan kegiatan ini,” imbuhnya.

Lanjutnya, Kepala Disbudpar Berau, Ilyas Natsir turut memberikan pujian kepada para peserta. Melihat bakat-bakat terpendam mereka, mantan Kepala DPMPK Berau itu menyebut, akan mengadakan lomba konten kreator pada akhir tahun 2022 mendatang, sebagai panggung untuk menunjukkan karya-karya mereka yang fenomenal dan berkelas.

“Harus ada wadah supaya mereka tidak berhenti berkarya. Insya Allah siapa yang berusaha keras tak akan mengkhianati hasilnya. Tetapi, dengan kompetisi dan juga pembinaan, karya mereka akan semakin terekspos. Mereka perlu mendapat apresiasi dan penghargaan dari kami. Saya mendukung untuk membuat lomba konten kreator di akhir tahun ini,” ucapnya.

Berbagai pujian bukan hanya dari pemerintah daerah saja, melainkan dari pemerintah pusat kagum akan karya-karya mereka. Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, yang mana sebagai salah satu penggagas kegiatan itu menilai, bahwa banyak sekali talenta-talenta baru di Kabupaten Berau yang mungkin kurang terekspos.

“Ternyata jauh lebih kreatif dan luar biasa. Karya mereka seharusnya layak diangkat ke tingkat nasional. Sehingga, ini menjadi salah satu catatan kami terkait kelanjutan karya dan karir mereka. Karena dari kegiatan ini saja mereka berantusias dan konsisten. Kami sebut ini sesuai target,” ungkapnya.

Wakil rakyat dari Dapil Kaltim itu juga menyatakan, para pelaku konten kreator lainnya yang mempunyai bakat tetapi belum punya kesempatan untuk produksi, dimana mungkin ada keterbatasan biaya, harus diperjuangkan baik oleh pemerintah daerah, pemerintah provinsi, hingga pemerintah pusat.

Baca juga:  Kakek 64 Tahun Cabuli 2 Cucunya Hingga Melahirkan

“Bahkan, dari perusahaan-perusahaan pun bisa melek untuk membantu mereka. Mudah-mudahan mereka nanti akan difasilitasi dengan membuat event dan festival supaya karya mereka bisa ditampilkan,” pungkasnya. (*/CTN)

Read Previous

Bupati Berau Tinjau Panti Asuhan Hidayatullah, Beri Bantuan Kepada Korban Kebakaran

Read Next

Bupati Dukung Kegiatan Berau Fashion Week (BFW), Asal…!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *