• Minggu, 21 April 2024

Turnamen Catur Bupati Cup 2022 Resmi Dibuka

BERAU, LENSAKU – Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Berau menggelar Turnamen Catur Bupati Cup 2022. Pertandingan diadakan di Gedung Balai Mufakat, Jalan Cendana, Tanjung Redeb, selama 2 hari berturut-turut mulai Sabtu (13/8) hingga Minggu (14/8).

Pembukaan dihadiri oleh Kepala Bidang Olahraga Dispora Berau, Nuransyah; Wakil Ketia II KONI Berau, Ruslan; Sekretaris KONI Berau, Iwan Rifani Wijaya; dan Ketua Percasi Berau, Fitrial Noor.

Turnamen secara resmi dibuka oleh Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau, Nuransyah. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi pagelaran lomba tersebut. Dikatakannya, turnamen tersebut sangatlah bermanfaat untuk membina para atlet catur.

“Kami dari Pemkab Berau mendukung segala jenis pembinaan dan kejuaraan demi memperkuat prestasi para atlet,” tuturnya, Sabtu (13/8).

Dirinya juga menerangkan, bahwa adanya turnamen itu untuk melirik potensi para atlet menjelang event besar di Kabupaten Berau, yaitu Porprov VII Kaltim 2022. Selain itu,turnamen tersebut juga untuk mempersiapkan mental atlet pada kompetisi dan kejuaraan dengan tingkatan yang lebih tinggi lagi.

“Tentunya dalam mencetak prestasi pada setiap kejuaraan olahraga pastinya dibutuhkan ketekunan dalam mengikuti latihan ditambah dengan mental yang terbiasa menghadpi pertandingan,” terangnya.

Sementara, Ketua Percasi Berau, Fitrial Noor mengatakan, dalam turnamen catur Bupati Cup 2022 itu dibagi dalam 4 kategori, yakni kategori U-15, kategori U-18, kategori umum, dan kategori veteran. Selain diikuti oleh atlet Percasi Berau, turnamen juga dibuka untuk umum.

“Jadi, untuk mengikuti turnamen peserta wajib menunjukkan ID Pengenal (KTP/KIA/Kartu Pelajar/KK) saat mengisi formulir dan daftar hadir. Peserta juga diwajibkan menggunakan pakaian sopan, menggunakan sepatu dan masker,” ungkapnya.

Adapun konsep pertandingan menggunakan sistem Swiss Manager 7 babak, 3 babak sesi pagi, dan 4 babak sesi siang. Ada sekira lebih dari 100 peserta yang mengikuti ajang turnamen tersebut, yang terdiri dari 38 peserta untuk U-15, 32 peserta untuk U-18, 90 peserta untuk karegori umum, dan 12 peserta untuk kategori vereran.

Fitrial juga berkata, selain turnamen catur Bupati Cup, pihaknya juga rutin menggelar turnamen setiap minggunya di Sekretariat Percasi Berau dimana dalam event itu, pesertanya dari kalangan umum dan atlet Berau.

Tujuannya, untuk mengasah mental dan kemampuan menyusun strategi ketika bermain catur. Adapun turnamen Bupati Cup nanti, bisa menjadi ajang uji coba sebelum mengikuti Popda maupun Porprov pada tahun ini. (*/CTN)

Read Previous

Bobol Toko Ponsel dan Gedung Serbaguna Kampung, Satu Orang Pemuda Ditangkap

Read Next

Perbaikan Akses Darat Menuju 5 Kampung Di Kelay Tuntas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular