• Rabu, 24 April 2024

Lomba Desa Dan Kelurahan Tingkat Nasional, Kampung Sumber Agung Tonjolkan SIDT dan Pengelolaan PAK,

Bupati Berau Dampingi Kakam Sumber Agung Presentasi Lomba Desa Tingkat Regional III

BERAU, LENSAKU – Masuk lima besar lomba desa dan kelurahan tingkat nasional regional III. Pemerintah Kampung Sumber Agung Kecamatan Batu Putih yang menjadi wakil Kaltim, mengikuti tahapan pemaparan langsung dihadapan tim penilai di Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, di Jakarta pada Senin (5/9).

Kepala Kampung Sumber Agung, Edi Santoso, hadir didampingi langsung Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, melakukan pemaparan. Selain itu juga hadir Ketua TP PKK dan Ketua BPK Kampung Sumber Agung, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Provinsi Kalimantan Timur.

Peningkatan pelayanan kepada masyarakat melalui sistem informasi desa terintegrasi (SIDT) yang dibangun Pemerintah Kampung Sumber Agung, menjadi salah satu program unggulan yang dipresentasikan. Selain itu juga pengelolaan hingga peningkatan pendapatan asli kampung (PAK) menjadi unggulan Sumber Agung. Kampung berpenduduk kurang lebih 769 jiwa ini juga telah berhasil menerapkan satinasi total berbasis masyarakat (STBM) bahkan memastikan tidak ada anak stunting di Kampung yang terletak di daerah pesisir selatan Bumi Batiwakkal ini.

“Peningkatan pendapatan asli kampung Sumber Agung Tahun ini telah mencapai Rp 1 miliar dan ini terus kami dorong dengan berbagai kegiatan termasuk program usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) yang diwujudkan melalui peran TP PKK,” ungkapnya.

Menjadi wakil Kaltim dan lolos ketahapan lima besar, Edi mengaku sangat senang dan terharu bisa membawa nama harus daerah. Keberhasilan ini ungkapnya berkat dukungan dan sinergisitas seluruh stakeholder di kabupaten maupun tim Provinsi yang terus memberikan pendampingan.

“Kami sangat senang dan bangga, ibu bupati bisa hadir langsung memberikan pendampingan, ini sebagai bukti Pemkab Berau sangat perhatian terhadap pembangunan dan kemajuan kampung,” ucapnya.

Sementara, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas memberikan apresiasi kepada Kepala Kampung Sumber Agung beserta jajarannya yang kompak dan berhasil mempresentasikan secara detail keberhasilan pembangunan di Sumber Agung. Apa yang telah dipaparkan dan respon dari tim penilai selama presentasi, Bupati Sri Juniarsih optimis Kampung Sumber Agung bisa meraih juara ditingkat nasional.

“Kita optimis dan harus optimis bisa meraih juara. Saya memberikan apresiasi kepada Kepala Kampung Sumber Agung bersama timnya,” ungkapnya.

Prestasi Sumber Agung dikatakan Sri Juniarsih menjadi pemicu semangat bagi kampung lain untuk terus berlomba agar setiap tahun Kampung dari Bumi Batiwakkal dapat terus juara ditingkat Kaltim dan bersaing ditingkat nasional.

“Ini tentu jadi kebanggaan kita semua. Sumber Agung menambah deretan kampung dari Berau yang berhasil lolos hingga ke tingkat nasional. Kita berharap prestasi ini terus dipertahankan Berau,” pungkasnya. (*/HMS)

Read Previous

Bupati Berau Promosikan Spot Freedive di DXI 2022

Read Next

Imbas Kenaikan Harga BBM, Tarif Speedboat dan Bensin Botolan Melonjak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular