• Jumat, 29 Maret 2024

Ratusan Media Lokal Dan Puluhan Partner Berkolaborasi Di Local Media Summit 2022

JAKARTA, Lensaku.id – Lebih dari tiga ratus media lokal sudah memastikan ikut Local Media Summit 2022 baik secara luring maupun daring.

Pertemuan media lokal pertama dan terbesar di Indonesia ini juga mendapat dukungan dari dua puluh lebih kolaborator yang terdiri dari kedutaan, lembaga donor, perusahaan, perbankan, platform teknologi, dan solusi teknologi terkemuka dunia.

Acara Local Media Summit tahun ini akan dibuka oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartato dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Kepala Perpustakaan Nasional M.Syarif Bando juga akan turut memberi sambutan saat pembukaan Summit yang nanti akan diselenggarakan di Gedung Perpustakaan Nasional Indonesia di Jakarta.

Lebih dari 100 media lokal mendapatkan pembiayaan untuk mengikuti kegiatan Local Media Summit tahun ini yang terdiri dari dua konferensi, sembilan workshop, dua sharing discussion, tiga coaching clinic, dua side event berbentuk workshop pada tanggal 29 dan 30 Oktober 2022 dan sesi Networking Night yang dilakukan pada 27 Oktober 2022 malam.

Suara.com sebagai penyelenggara mengapresiasi semangat peserta yang telah mendaftarkan diri dan permintaan dari berbagai pihak untuk membantu ikhtiar menggairahkan ekosistem mediq digital di Indonesia. CEO Arkadia Digital Media, penerbit portal Suara.com, Suwarjono terkesan dengan antusiasme media lokal yang mendaftar.

“Ini luar biasa. Teman – teman media lokal ingin berkembang dengan updete isu-isu kekinian. Baik dari model bisnis, teknologi, konten, distribusi hingga permodalan atau investasi. Ini periode penting untuk menentukan nasib media digital di masa yang akan datang. Adaptasi dan model- model baru pengelolaan media lokal diharapkan akan mengemuka di acara ini”, kata Suwarjono, 24 Oktober 2022.

Ditambahkan Suwarjono, tantangan media lokal ditengah gempuran media sosial, platform mesin pencari serta agregator, membuat pengelola makin kreatif. Banyak model bisnis agar media tetap berkelanjutan.

“Forum ini sekaligus ajakan buat teman-teman media lokal untuk bersama-sama kolabirasi, saling memberi manfaat, tidak ada lagi era sendiri-sendiri”, katanya yang bertekad membuat acara serupa di masa yang akan datang.

International Media Suport (IMS) yang menginisiasi acara bersama Suara.com menyatakan Local Media Summit 2022 ini membuat Indonesia menjadi proyek percontohan global IMS dalam isu business viability media.

Project Manager IMS untuk Indonesia, Eva Danayanti, menyebutkan IMS akan mendatangkan beberapa ahli untuk terlibat dalam rangkaian Summit. Sejak tahun lalu, IMS dan Suara.com sudah melakukan workshop, coaching, dan monitoring untuk sejumlah media lokal di Indonesia agar bisa memiliki bisnis yang viable atau berkelanjutan. IMS mendatangkan seorang podcaster-entrepreneur dari Filipina, Carl Javier, yang akan berbicara mengenai “Mencari model bisnis Podcast” dan Hendrik Grunnet seorang veteran jurnalis yang akan berbicara mengenai peluang memonetisasi media sosial.

“IMS akan membawa best experiences dari belahan lain dunia untuk dipelajari Indonesia. Mudah-mudahan dengan begitu, iklim bisnis media di Indinesia berkembang lebih hebat lagi. Indonesia memilki potensi yang besar untuk menjadi hub pengembangan medi lokal yang berkelanjutan di Asia”, ujar Eva.

Beberapa kolaborator juga menyediakan keahliannya untuk dibagikan ke peserta Local Media Summit 2022. MGID, pionir platform native advertising global, akan berbagi dalam sesi workshop bertemakan “Finding a viable business model for local media” atau “Mencari bisnis model berkelanjutan bagi media lokal”. Kemudian DailyMotion, sebuah platform video dari Prancis, akan berbagi workshop bertajuk “Pengemasan dan monetisasi video”.

Selain itu ada juga, Amazon Web Service yang selain mengirim Country Manager AWS Indonesia, Gunawan Susanto berbicara di konferensi, juga mengirimkan ahli untuk memberikan coaching kepada pemimlin-pemimpin media lokal mengenai teknologi fundamental untuk media online.

Sementara itu Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin juga hadir untuk memberikan kisi-kisi perihal kerjasama seperti apa yang disukai sebuah perusahaan dengan media lokal.

Jika anda adalah pemimpin media lokal, belum terlambat untuk mendaftar ikut dalam Summit ini. Silahkan klik
<span;>www.localmediasummit.com (**)

Read Previous

Taufan Majid Siapkan Program Khusus untuk KKSS Berau, Salah Satunya Pembentukan BPC Kecamatan

Read Next

HUT Ke-58 Biatan Lempake, Pemkab Berau Hibahkan Lapangan Sepak Bola

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular