Sukses Membina Kampung, Bupati Raih Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2022

Vinkmag ad

Sukses Membina Kampung, Bupati Raih Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 202

BERAU, LENSAKU – Berhasil menghantarkan Kampung Sumber Agung Juara Lomba Desa Tingkat Nasional Regional III, Bupati Berau, Sri Juniarsih, menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2022 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia atas keberhasilan membina desa/kampung.

Penyerahkan penghaargaan langsung oleh Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo, dalam acara pekan inovasi perkembangan desa dan kelurahan (PINDeskel) dan Rakor penguatan kelembagaan pada desa dan kelurahan di Gedung Sasana Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Jakarta, Kamis (24/11).

Upakarya Wanua Nugraha diberikan kepada kepala daerah sebagai pembina desa juara lomba desa dan kelurahan tahun 2022 atas prestasi dan komitmen dalam memajukan desa dan kelurahan di wilayahnya. Penghargaan pun diberikan kepada delapan bupati wali kota, diantaranya Bupati Tanjung Jabung Barat, Bupati Bandung, Bupati Berau, Bupati Kepulauan Taliban, Bupati Bangka, Wali Kota Surakarta, Wali Kota Balikpapan dan Wali Kota Mataram.

Penghargaan ini juga diberikan kepada tujuh gubernur, diantaranya Gubernur Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Maluku, Bangka Belitung, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat.

Wamendagri RI, John Wempi Wetipo, memberikan apresiasi kepada kepala daerah sebagai pembina desa dan kelurahan yang telah menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha tahun 2022. Terkhusus kepada Kalimantan Timur yang pada tahun ini menghantarkan Desa Terbaik pertama dan Kelurahan terbaik pertama di regional II.

“Saya ucapkan selamat kepada Kalimantan Timur yang desa dan kelurahannya menjadi juara satu wilayah Kalimantan dan Sulawesi,” ungkapnya.

Wamendagri juga memberikan apresiasi kepada seluruh pemerintah desa dan kelurahan yang meraih prestasi terbaik dalam lomba desa dan kelurahan tahun 2022. Menjadi yang terbaik diantara 75.266 desa dan 8.498 kelurahan yang ada di Indonesia. Keberhasilan yang dicapai ini merupakan buah dari kerja bersama seluruh pihak desa dan kelurahan, dengan peran pemerintah daerah yang bekerja keras, berinovasi memanfaatkan potensi yang ada, sehingga mampu meningkatnya kinerja desa.

Baca juga:  Delapan Kontingen Berebut Emas di Final Pencak Silat Porprov VII Kaltim

Dengan peningkatan tata kelola desa dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat di desa dan kelurahan. “Saya menberikan apresiasi atas gelaran lomba desa dan kelurahan ini,” ucapnya.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, mengaku bersyukur dan bahagia menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha sebagai apresiasi atas pembinaan kampung dan kelurahan. Penghargaan ini dikatakannya merupakan buah kerja dari seluruh perangkat kampung yang selama ini terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menjalankan program pembangunan.

“Alhamdulillah kita meraih Upakarya Wanua Nugraha. Ini penghargaan untuk kita semua masyarakat Kabupaten Berau,” ungkap bupati perempuan satu-satunya penerima penghargaan itu.

Pemkab Berau disampaikan Sri Juniarsih berkomitmen untuk terus mendorong pembangunan kampung yang sejalan dengan program pemerintah dari pusat dan daerah. Termasuk memberikan alokasi anggaran kampung (ADK) guna mendukung pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat disetiap kampung.

“Semoga apa yang ditunjukkan kampung Sumber Agung ini menjadi motivasi dan semangat bagi kampung kampung lainnya di Bumi Batiwakkal,” tandasnya. (*/Hms/Adv)

Read Previous

Kampung Sumber Agung Raih Juara 1 Lomba Desa Tingkat Nasional Regional III Tahun 2022

Read Next

Belum Puas 3 Emas, Berau Targetkan Menang di Final Kumite Beregu Karate

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *