• Jumat, 29 Maret 2024

700 Personel Gabungan Siap Amankan Penutupan Porprov VII Kaltim

BERAU, LENSAKU – Jelang acara penutupan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Kaltim yang akan digelar Rabu 7 Desember 2022 pukul 19.00 WITA nanti malam, sebanyak 700 personel gabungan telah bersiaga di Stadion Mini Olympic, Jalan Stasiun 1, Kelurahan Teluk Bayur Kecamatan Teluk Bayur, Rabu (7/12).

Personel gabungan tersebut terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Damkar, BPBD, medis dan relawan. Pengamanan dipimpin langsung oleh Wakapolres Berau Kompol Rangga Abhiyasa didampingi Kabag Ops AKP Febriadi Silvano Muabuay.

“Pengamanan terbuka kita lakukan di 16 titik yang tersebar di seluruh wilayah sekitar stadion,” ungkap Rangga.

Kapasitas stadion yang terbatas tentu akan berdampak pada menumpuknya penonton. Untuk itu, pengamanan dipertebal di pintu masuk.

“Pola masuk dari luar area stadion adalah menggunakan stiker bagi kendaraan roda empat dan pemeriksaan undangan di pintu masuk,” jelasnya.

Dikatakannya, setiap penonton ataupun undangan yang akan masuk harus diperiksa. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dibawanya sesuatu yang dapat mengganggu keamanan.

“Setiap yang datang akan diperiksa menggunakan metal detector. Untuk mencegah dibawanya barang-barang yang berbahaya,” bebernya.

Barang berbahaya itu, kata Rangga, seperti senjata tajam, senjata api, minuman keras, flare atau suar, kembang api dan botol kaca.

“Adapun, yang kedapatan mabuk juga dilarang masuk,” ungkapnya.

Untuk personel yang melakukan pengamanan, ungkap mantan Kabag Ops Polresta Samarinda ini, ditegaskannya tidak membawa senjata.

“Tidak ada personel yang membawa senjata. Baik itu dari Polri, TNI ataupun personel gabungan lainnya,” tegasnya.

Ia mengimbau kepada personel yang bertugas untuk lebih mengutamakan tindakan preventif dan humanis dalam berinteraksi dengan masyarakat.

“Jangan mudah terprovokasi. Tetap utamakan tindakan secara humanis,” tuturnya.

Karena kapasitas yang terbatas, bagi masyarakat yang ingin menyaksikan penutupan Porprov VII Kaltim bisa ikut nonton bareng (nobar) melalui videotron di sekitar stadion dan Lapangan Pemuda Tanjung Redeb.

“Termasuk di jajaran Polsek, kita lakukan nobar penutupan Porprov,” ungkapnya.

“Sehingga, masyarakat yang tidak bisa ke stadion bisa menonton di lokasi yang kami sebutkan tadi,” tandasnya. (*/HmsPlrs/Ctn)

Read Previous

Maskapai Citilink Resmi Buka Rute ke Berau

Read Next

Porprov VII Kaltim Resmi Ditutup, Bupati Berau Sampaikan Permohonan Maaf Atas Segala Keterbatasan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular