• Jumat, 12 April 2024

Syarwani Buka Secara Resmi Kegiatan Bulungan Berzakat

BULUNGAN, LENSAKU.ID – Di hari yang penuh keberkahan ini, tepat pada hari ke 12 ramadhan, Senin, (3/4/23). Bupati Bulungan Syarwani membuka secara resmi Kegiatan Bulungan Berzakat, sekaligus menyerahkan langsung bantuan dana operasional tahun anggaran 2023 sebesar Rp20 juta kepada Baznas Bulungan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulungan. di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Bulungan.

” Zakat merupakan kewajiban kita sebagai umat muslim untuk menyisihkan sebagian hartanya. Karena itu zakat wajib hukumnya bagi orang muslim, apapun bentuknya. Niatkan semuanya karena Allah, ini akan memberikan implikasi positif bagi kita khususnya rohani kita,” ujar Syarwani.

Dimensi lain kegiatan zakat fitrah secara keseluruhan telah diajarkan oleh Raasulluah kepada kita semuanya, khsusunya kepada bangsa Indonesia yang dituangkan dan dimaknai dalam Pancasila yang berada pada Sila ke lima. Sehingga terwujudkan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

” Artinya apa rasulullah mengajakrkan kepada kita bagaimana cara kita membangun solidaritas, bagaimana cara kita membantu sesama sodara-sodara kita yang membutuhkan,” ujar Syarwani.

Zakat merupakan pranata keagamaan. Instrumen mencapai tujuan meningkatkan keadilan. Karena itu perlu dikelola secara melembaga sesuai syariat agama islam agar pengelolaannya dapat efisien.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) diberi kewenangan oleh undang-undang untuk mengelola zakat infaq dan sedekah, dalam pengelolaan zakat, yaitu syariat islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.

” Karena itu saya meminta kepada lembaga terkait agar benar-benar melakukan fungsinya, meliputi fungsi perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian atas pendistribusian dan pendayagunaan zakat di tingkat kabupaten” ujar Syarwani.

Syarwani mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya umat Muslim, untuk mengeluarkan dan menyaalurkan zakat kepada yang berhak.

“ Semoga zakat yang kita keluarkan, akan menyempurnakan ibadah puasa kita, dan menyempurnakan ketaatan kita kepada Allah SWT,” ungkap Syarwani.(mhs/rdk).

Read Previous

Syarwani Masuk 100 Tokoh Transformasi Pembelajaran

Read Next

Bupati Bulungan Berharap Perusahaan Selesaikan Masalah Tanam Tumbuh Dampak Jebolnya Tanggul di Pulau Bunyu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular