• Rabu, 24 April 2024

Bupati Berau Dorong Percepatan Pengunaan Produk Dalam Negeri

BERAU, LENSAKU.ID – Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengikuti rapat koordinasi percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN), Selasa (11/4) melalui daring. Yang dibuka secara resmi oleh Kepala LKPP RI, Hendrar Prihadi.

Dalam rakor ini Mendagri yang diwakilkan kepada Sekjen Mendagri, Suhajar Diantoro menyampaikan bahwa P3DN merupakan salah satu program pemerintah dalam mewujudkan kemandirian ekonomi. Dengan mencintai produk dalam negeri terutama UMKM diharapkan bisa mamacu perekonomian masyarakat secara berkesinambungan.

Hal ini pun terbukti pada saat terjadinya pandemi covid-19, para pelaku UMKM mampu bertahan dengan produk yang dihasilkan. Hal ini pun membuat perekonomian nasional tetap stabil.

“Banyak negara yang mengalami inflasi tinggi tapi Indonesia tetap stabil. Salah satu faktor terbesar adalah UMKM sebagai pengaman ekonomi kita,” ungkap Suhajar.

Sementara di Kabupaten Berau, pemerintah daerah juga berupaya dalam memacu penggunaan produk dalam negeri. Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, yaitu meningkatkan belanja PDN melalui e-purchasing di e-katalog, melakukan monitoring dan pengawasan pelaksanaan P3DN serta melakukan pendampingan kepada IKM dan UMKM untuk masuk dalam e-katalog.

“UMKM memiliki peran besar dalam menjaga kestabilan ekonomi. Mulai dari serapan tenaga kerja, pembukaan lapangan usaha, dan kontribusi terhadap PDB. Kita akan terus dorong produk lokal agar dapat berkembang lebih pesat lagi. Saya juga akan memberikan instruksi kepada OPD untuk meningkatan penggunaan produk dalam negeri,” jelas Bupati Berau Sri Juniarsih Mas. (rdk)

Read Previous

80 Persen Kampung Di Kabupaten Berau Telah Mencapai Status ODF

Read Next

Pemkab Berau Salurkan 59 Ton Beras Buat 5916 KPM

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular