• Jumat, 12 April 2024

BAWASALU : Sosialisasi Jajaki Semua Lini

TANJUNG SELOR, LENSAKU – Tim Seleksi (Timsel) untuk penjaringan Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltara, telah menjajaki empat Kabupaten dan Satu Kota di Kaltara, sejak 13 April lalu.

Sosialisasi mencakup syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, untuk menjadi anggota Bawaslu Kaltara. Pada tahun ini, hanya dua Komisioner Bawaslu Kaltara yang habis masa jabatannya pada Juni 2023 mendatang.

Timsel yang ditugaskan langsung dari Bawaslu Republik Indonesia tidak hanya sekadar sosialisasi, tapi ikut serta menyerap aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat. Ketua Tim Seleksi Anggota Bawaslu Kaltara, Mohammad Ilham Agang kala dikonfirmasi menuturkan, jumlah timsel untuk wilayah Kaltara, sebanyak 5 orang.

Setelah pembekalan kemarin, tim langsung ditugaskan pada daerah masing-masing, dan di Kaltara langsung berbagai tugas ke masing-masing kabupaten dan Kota yang ada. “Jadi, kami sudah sampaikan tahapannya serta persyaratan. Yang kedua, mengenai timeline telah disampaikan,” ujarnya saat ditemui oleh awak media di Kantor Bawaslu Bulungan, Jumat (14/4).

Pihaknya berharap, setelah melalui sosialisasi yang telah dilakukan, informasi ini dapat diteruskan ke masyarakat, utamanya kaum perempuan, disabilitas dan kelompok marginal. Itu ia sampaikan pada saat bimbingan teknis (bimtek) di Jakarta, keterwakilan perempuan salah satu isu pembahasan yang menjadi sorotan.

“Itu karena keterlibatannya yang sedikit sekali, bahkan hampir tidak ada keterlibatan perempuan menjadi penyelenggara pemilu. Bawaslu RI meminta, seluruh timsel yang ada pada 29 Provinsi untuk memperhatikan keterwakilan perempuan,” jelasnya.

Kalau berbicara keterwakilan perempuan untuk wilayah Kaltara, dari komposisi yang ada minimal 16 orang yang sekiranya bisa ikut mendaftarkan diri menjadi penyelenggara. Karena, itu akan menjadi kewajiban untuk memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan.

Berbicara partisipasi masyarakat untuk menjadi pengawas pemilu, di Kaltara berkaca dari tahun sebelumnya minat cukup tinggi. Dan itu patut diapresiasi dan perlu di tingkat maksimalkan dengan cara sosialisasi.

Tahapan pendaftaran Komisioner Bawaslu Kaltara, dimulai pada Senin-Selasa 17-18 April 2023. Kemudian, dilanjutkan pada tanggal 26 April sampai dengan 3 Mei 2023. Pembukaan pendaftaran Senin-Kamis mulai pukul 08.00-16.00 wita. Hari Jum’at mulai pukul 08.00-16.30 wita. Pendaftaran langsung di sekertariat Timsel Bawaslu Kaltara, Hotel Pangeran Khar Jalan Katamso. (rdk)

Info lebih lanjut dapat mengakses Website kaltara.bawaslu.go.Id. dan atau di email timselbawasluprovkaltara.2023@gmail.com

Read Previous

Safari Ramadan Ke Desa Mamolo, Gubernur Serahkan Bantuan Hibah Pemprov

Read Next

Polda Kaltara Peringati Nuzurul Qur’an 1444 Hijiriah Tahun 2023 Guna Mewujudkan Polri Presisi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular