• Jumat, 19 April 2024

Wakil Bupati Berau Lepas Peserta Petani Nelayan XVI Pekan Nasional di Padang

BERAU, LENSAKU.ID – Pada tahun ini Berau kembali mengikuti Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XVI yang akan diselenggarakan di Kota Padang pada tanggal 10 sampai 15 Juni 2023.

Secara resmi para peserta dilepas oleh Wakil Bupati Berau, Gamalis, Kamis (8/6) di Balai Mufakat.

Pelepasan ini ditandai dengan penyerahan bendera kontingen dan penyematan tanda peserta kepada dua orang perwakilan.

Dalam Penas Petani Nelayan XVI kali ini, Berau mengirimkan 101 peserta. Yang akan tergabung dengan kontingen dari Kaltim sebanyak 1301 peserta.

Penas Petani Nelayan XVI ini awalnya akan digelar pada 20-25 Juni 2020, namun karena pandemi diundur jadi 4-9 Juni 2022, tetapi karena pandemi belum reda akhirnya diputuskan dilaksanakan pada 10-15 Juni 2023. Kegiatan empat tahun ini dipusatkan di Lanud Sutan Sjahrir Tabing.

Dengan mengangkat tema ‘Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal Untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045’.

Wabup Gamalis menyampaikan kegiatan ini merupakan agenda penting yang harus diikuti. Sebagai bentuk persiapan dalam mewujudkan kemandirian pangan berkelanjutan. Apalagi Berau merupakan salah satu daerah penyangga pangan buat IKN.

“Kita harus memastikan ketersediaan pangan, nilai tambah dan daya saing komoditas pangan. Maksimalkan produksi komoditas unggulan Berau manfaatkan lahan pangan berkelanjutan,” ujarnya.

Ia juga meminta peserta agar menggali informasi sebanyak-banyaknya. Yang nantinya dapat diterapkan di Bumi Batiwakkal. Termasuk juga membangun jaringan pasar.

“Saat ini banyak persoalan yang dihadapi para petani, salah satunya kondisi cuaca ekstrem. Dalam kegiatan ini nantinya kita bisa mengetahui informasi dalam mengatasi berbagai persoalan yang ada,” pungkasnya. (rdk)

Read Previous

Ahli Dewan Pers: : Perkara Pokok Harus Diperiksa Lebih Dahulu Dibanding Laporan Pencemaran Nama Baik

Read Next

Pemkab Berau Lakukan Percepatan Peningkatan Ekonomi dan Wisata Melalui Moda Transportasi Udara.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular