• Senin, 22 April 2024

Pantau Pengendalian Karhutla di Labanan, Wabup Ingatkan Pencegahan Dini Digalakkan

BERAU, LENSAKU.ID – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di wilayah Labanan Kecamatan Teluk Bayur, Jumat (11/8/2023). Tim gabungan lintas sektor, dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri, KPHP, Manggala Agni dan masyarakat peduli api (MPA) bergerak cepat mencegah kebakaran meluas.

Wakil Bupati Berau, Gamalis, memantau langsung upaya pengendalian karhutla di lapangan. Turut mendampingi Kepaa Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD, Nopian Hidayat dan Kepala Kampung Labanan Jaya, Rahkmat Kholis serta Labanan Makmur, Mupid Datusahlan.

Suhu panas yang signifikan dalam beberapa pekan terakhir beresiko tinggi terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Terlebih di Kabupaten Berau terdapat beberapa titik rawan terjadinya kebakaran. Antisipasi dan pencegahan dini harus lebih digalakkan dengan melibatkan semua stakeholder terkait. Pasalnya karhutla memberikan dampak negatif terhadap kerusakan alam, ekosistem flora dan fauna, hingga gangguan kesehatan masyarakat akibat asap dari karhutla.

Wabup Gamalis, meminta tim teknis untuk terus memprioritas upaya pencegahan, maupun penyiapan sarana dan prasarana pengendalian karhutla. Termasuk penegakan hukum tanpa kompromi terhadap pelaku kebakaran hutan dan lahan. Terlebih sosialisasi dini sudah sering dilakukan.

“Infrastruktur pemantauan dan pengawasan harus sampai tingkat bawah dan melibatkan semua unsur pemerintahan dan masyarakat,” tegasnya.

Berdasarkan data yang ada disampaikan Gamalis, Sepanjang Agustus sudah kurang lebih 55 hektar lahan terbakar dengan 30 kejadian. Terdahsyat karhutl terjadi di wilayah Tanjung Batu dan juga Labana.

“Yang kita perlukan saat ini diantara mempersiapkan titik titik sumber air, memperkuat tenaga yang membantu di lapangan dan juga kita harapkan peran perusahaan swasta untuk bersama sama mencegah dan mengendalikan karhutla,” tandasnya. (RN/Prokopim/adv)

Read Previous

Kabar Gembira, Awal September Batik Air Buka Rute Berau-Jakarta dan Berau-Surabaya

Read Next

Pemasangan 1.000 Titik Wifi Gratis Ditargetkan Akhir Agustus 2023 Rampung

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular