• Jumat, 19 Juli 2024

Seleksi PPPK, Dua Peserta Dinyatakan Gugur

KATAT : Satu persatu peserta seleksi PPPK menjalani pemeriksaan oleh petugas kepolisian sebelum mengikutis tes CAT

TANJUNG SELOR, LENSAKU.ID – Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) di lingkungan Pemkab Bulungan dimulai hari ini, Selasa (21/11/2023).

Total ada 872 peserta yang terdiri dari 350 peserta tenaga guru, 339 peserta tenaga kesehatan dan 183 peserta tenaga teknis dari total 1.700 pelamar. Proses seleksi ini akan berakhir pada 27 November mendatang.

Seleksi hari pertama, tercatat ada dua peserta PPPK formasi guru yang tidak hadir pada saat sesi seleksi, sehingga dinyatakan gugur karena absensi tanpa keterangan.

Bupati Bulungan, Syarwani menegaskan bahwa kebutuhan PPPK harus dipetakan dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan Pemda Bulungan. Dia mengakui bahwa pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK cukup ketat dan menyisakan tantangan bagi para peserta seleksi.

KATAT : Satu persatu peserta seleksi PPPK menjalani pemeriksaan oleh petugas kepolisian sebelum mengikutis tes CAT.

Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014, PNS dan PPPK mempunyai kewajiban yang sama sebagai pegawai pemerintah, namun perbedaannya hanya pada masa kerja dan hak yang diberikan.

“PNS berhak memperoleh gaji, tunjangan, fasilitas, cuti, jaminan pensiun jaminan hari tua, perlindungan dan pengembangan kompetensi. Sedangkan PPPK mendapatkan hak berupa gaji dan tunjangan, cuti, perlindungan dan pengembangan kompetensi,” ungkapnya.

Pasal 93 UU ASN menegaskan bahwa pemerintah wajib memberikan perlindungan berupa jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan bantuan hukum bagi PNS maupun PPPK.

Bupati Bulungan menyatakan bahwa PPPK lebih baik dibandingkan tenaga honorer karena dari segi hak PPPK mempunyai hak yang lebih banyak.

“Melalui seleksi ini, diharapkan terpilih para pegawai yang kompeten, berintegritas tinggi dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Seleksi PPPK menjadi kesempatan bagi masyarakat Bulungan untuk berpartisipasi dalam meningkatkan pelayanan publik dan diharapkan dapat membantu memperbaiki sistem layanan publik,” tutupnya. (rdk2)

Read Previous

Optimalisasi 15 Program Prioritas Bulungan

Read Next

Indonesia Halal Watch: Maksimalkan UUJPH untuk Hentikan Agresi Israel

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular