• Senin, 22 April 2024

APBD 2024 Harus Mengacu Program Prioritas

TANJUNG SELOR, LENSAKU.ID – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara, Albertus Stefanus Marianus Baya mengatakan, komposisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Kaltara tahun 2024 harus tetap mengacu program prioritas.

Program prioritas menjadi salah satu acuan terukur yang harus dijalankan oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Secara teknis, program dan kegiatan penting untuk senantiasa memenuhi dan memfasilitasi pelayanan kebutuhan sosial dasar masyarakat.

“APBD tahun 2024 harus mengacu kepada program prioritas pemerintah yang telah disusun sebelumnya, seperti tentang kebutuhan dasar untuk masyarakat,” kata Albertus baru baru ini.

Kebutuhan sosial dasar masyarakat yang dimaksud meliputi pemenuhan layanan pendidikan dan layanan kesehatan secara merata. Pemerintah penting mengakomodir beberapa poin penting terkait hal tersebut.

“Akses pendidikan dan akses kesehatan harus tetap jadi prioritas, baik yang menyangkut fasilitas dan sarana prasarana pendukung, penting juga untuk menjaga kesejahteraan para tenaga medis dan tenaga pendidik,” ujarnya.

Persoalan lain yang penting dipahami juga masih terkait pembangunan infrastruktur dan pengembangan sektor pertanian. Kontribusi pertanian terhadap ekonomi Kaltara yang cukup besar diharap bisa didukung oleh pemerintah.

“Selain pendidikan dan kesehatan, pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur juga masih perlu dijadikan perhatian. Selanjutnya yang penting juga soal pertanian mulai dari produksi, pengolahan sampai penjualan, ini menjadi penting karena menyesuaikan sejumlah kondisi ekonomi sebagian besar wilayah di Kaltara,” pungkasnya. (advertorial)

Read Previous

Raperda Masuk Tahap Konsultasi ke Kemendagri

Read Next

Sarpras Olahraga Kerap Disampaikan Saat Reses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular