• Sabtu, 20 April 2024

Energi Terbarukan, Digitalisasi dan Optimalisasi Potensi Daerah Masih Jadi Fokus Bulungan Hingga 2025

TANJUNG SELOR, LENSAKU – Saat membuka konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Bulungan tahun 2025, yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Bulungan, Kamis (14/3/2024).

Bupati Bulungan Syarwani mengatakan, Pemkab Bulungan masih terfokus pada tiga arah besar yang menjadi acuan dalam pembangunan Bulungan yaitu pemanfaatan energy terbarukan, digitalisasi dan optimalisasi penggalian potensi daerah.

“Kita masih focus pada tiga arah besar yang menajdi acuan dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupatten Bulungan”, jelasnya.

RKPD merupakan dokumen perencanaan pemerintah daerah untuk periode satu tahun. Sebagai dokumen resmi rencana daerah, rancangan RKPD mempunyai kedudukan strategis dalam menjembatani antara perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan.

Forum ini merupakan lanjutan dari sebelumnya termasuk kegiatan Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) tingkat desa dan kecamatan yang sudah dilaksanakan bulan Januari dan Februari lalu, lanjut Syarwani.

Dari berbagai tahapan tersebut, nantinya akan dirumuskan lebih konkret dalam program kerja yang pada akhirnya dibawa dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) yang melibatkan partisipasi berbagai stakeholder bukan hanya institusi pemerintah daerah, termasuk partisipasi tokoh masyarakat, akademisi termasuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Konsultasi publik ini merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2025”, kata Bupati.

Arah pembangunan Kabupaten Bulungan tahun 2025 yang merupakan turunan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Meliputi tiga isu besar yaitu pemanfaatan energy terbarukan, digitalisasi dan optimalisasi penggalian potensi daerah

Itu yang menjadi arah rencana kerja pemerintah tahun 2025 yang lebih dibedah dan di detailkan dalam forum seperti ini. Jadi apa yang kita kerjakan tahun 2025 mendatang benar-benar kita pastikan sesuai arah yang telah kita tetapkan, pungkasnya. (Hms/rdk)

 

 

 

 

Read Previous

Usulan 1.486 CASN Pemprov Kaltara Di Setujui MENPAN -RB

Read Next

PT Bulungan Persada Mandiri Diminta Optimalkan Potensi PAD

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular