• Minggu, 14 April 2024

PT Bulungan Persada Mandiri Diminta Optimalkan Potensi PAD

TANJUNG SELOR, LENSAKU – Fraksi Golongan Karya DPRD Kabupaten Bulungan, meminta jajaran komisaris dan direksi PT. Bulungan Persada Mandiri (Perseroda) untuk mengoptimalkan pengelolaan potensi pendapatan asli daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Sebagaimana diketahui, PT. Bulungan Persada Mandiri (Perseroda) merupakan salah satu BUMD Pemkab Bulungan yang sebelumnya bernama Perusahaan Daerah Berdikari. Pada tahun 2023, Pemkab bersama DPRD menyusun rancangan peraturan daerah tentang perubahan bentuk badan hukum nya.

Ketua Fraksi Golongan Karya DPRD Bulungan, Riyanto berharap PT Bulungan Persada Mandiri (Perseroda) jeli melihat peluang usaha yang akan memberi kontribusi positif terhadap PAD dan pengelolaan potensi ekonomi daerah.

Perubahan bentuk badan hukum perusda diharapkan bisa menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan daerah. Hal ini dianggap penting dalam rangka mewujudkan kemakmuran rakyat yang sebesar besarnya.

“Fraksi Golkar berharap PT Bulungan Persada Mandiri dapat bergerak dalam bidang aneka usaha, seperti perdagangan umum, perikanan, pertanian dan jasa, Perusahaan ini juga diharapkan bisa mengelola potensi alam sebagai sumber pendapatan daerah lainnya yang belum dimaksimalkan,” kata Riyanto (16/3).

Fraksi Golongan Karya menilai banyak potensi ekonomi di Bulungan yang dapat mendongkrak penerimaan daerah. Oleh sebab itu BUMD harus berkompeten untuk melakukan pengelolaan secara mandiri dan profesional.

“PT Bulungan Persada Mandiri penting untuk melakukan penguatan gerakan ekonomi di masyarakat, salah satunya melalui jalinan kerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes,” ujarnya.

Perseroda ini turut diminta mampu membaca peluang dan jeli mengambil peran dalam mata rantai proses produksi barang dan jasa. Perseroda perlu membangun ekosistem ekonomi yang kuat sebagai pemasok, pengumpul atau pelaku lain di mata rantai perdagangan.

“Untuk bisa memenuhi harapan harapan tersebut, kami dari awal telah meminta Perseroda diisi manajemen yang profesional, mulai dari rekruitmen dan seterusnya,” jelas Riyanto. (adv/gp)

Read Previous

Energi Terbarukan, Digitalisasi dan Optimalisasi Potensi Daerah Masih Jadi Fokus Bulungan Hingga 2025

Read Next

DPRD Bulungan Minta Pelaksanaan Pembangunan 2024 Dipercepat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular