4 Kecamatan Bisa Lakukan PPDB Online

Vinkmag ad

Tanjung Redeb- Lensaku.id. Pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19. Sejak Maret silam, pemerintah sudah memutuskan semua kegiatan belajar mengajar (KBM) hingga ujian sekolah dilakukan secara online atau daring.

Selain KBM, penerimaan peserta didik baru (PPDB) pun terkena imbasnya. Rencananya, Disdik Berau berencana menggelar PPDB tahun 2020 secara daring dengan menggaet stakeholder yakni Telkom Malang guna mengetahui tata cara pelaksanaan pendaftaran lewat daring.

Kepala Bidang Pembinaan SD Disdik Berau, Mardiatul Idalisah saat dikonfirmasi oleh awak media pada Selasa (16/6) di kantornya mengatakan, 34 SD di wilayah kota akan menggunakan sistem PPDB online, sedang untuk wilayah di luar kota mendaftar seperti biasa dengan tetap mematuhi protocol kesehatan (protkes) Covid-19.

“Daerah yang menggunakan sistem daring ini meliputi Kecamatan Tanjung Redeb, Gunung Tabur, Sambaliung dan Teluk Bayur. Sedang diluar 4 kecamatan tersebut, seperti biasa karena pendaftarnya tak sebanyak daerah di kota,” ucapnya pada Lensaku.id (16/6).

Hal ini mengingat kondisi Berau yang masih berada di zona kuning, sehingga pelaksanaan PPDB dilakukan secara online di beberapa wilayah, lanjutnya.

Untuk pendaftarannya sendiri, Lilis –sebutan akrabnya- mengatakan PPDB baru dibuka pada tanggal 25 Juni-1 Juli 2020. Dengan demikian, setiap sekolah dan warga dipastikan dapat melakukan proses pendaftaran secara daring untuk tingkat SD.

“Untuk sekolah yang menggunakan sistem online, nanti kami akan mengadakan posko bantuan agar sekolah dan orang tua murid tidak bingung saat mendaftar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik Berau, Ramli baru akan membuka pendaftaran PPDB pada tanggal 27 Juni 2020.

Salah satu peserta pelatihan teknis PPDB online, Lukman selaku Kepala Sekolah SMP N 1 Gunung Tabur menyebut pihaknya akan mencoba mengaktifkan sistem daring saat PPDB berlangsung.

Baca juga:  Pemkab Berau Lanjutkan Kerja Sama dengan UMY

“Setelah petunjuk teknis (juknis) turun dari Disdik, hari ini juga semua sekolah sedang mengikuti pelatihan aplikasi sehingga nantinya pada pembukaan PPDB online tingkat SMP tanggal 27 Juni 2020  bisa diterapkan,” ujarnya.

Untuk tingkat SMP, Lukman menyebut hanya 20 SMP di Bumi Batiwakkal yang menerapkan sistem online. Sebab, tidak semua SMP di Berau dapat mengakses daring seperti di wilayah yang memiliki jaringan.

“Sehingga tetap menggunakan sistem offline seperti biasa datang ke sekolah mendaftar,” ujarnya. (*/sgp)

Read Previous

Optimalisasi Pengawasan Jelang Verifikasi Faktual, Bawaslu Kaltara Laksanakan Bimtek Melalui Virtual

Read Next

Kabar SKB CPNS Berau Masih Tak Menentu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *