Museum Geologi Bandung Buka Kunjungan Secara Virtual

Museum Geologi
Vinkmag ad

Lensaku.ID – Meski dalam masa adaptasi kebiasaan baru, Museum Geologi Bandung membuka kunjungan wisata yang dapat dilakukan secara virtual melalui Collection Talk.

Kepala Museum Geologi Bandung, Iwan Kurniawan menjelaskan, kunjungan virtual tersebut bisa dilakukan melalui webinar.

“Jadi, kita menawarkan ke sekolah untuk mengikuti webinar dengan nama kegiatan Collection Talk atau koleksi yang bisa berbicara. Artinya, kita terangkan semua informasi tentang koleksi yang sedang mereka lihat,” ujarnya seperti dilansir Ciayumajakuning.ID.

Diketahui Museum Geologi yang memiliki 417.882 koleksi yang terbagi atas 4 kategori. Yakni geologi Indonesia, sejarah Indonesia, sumber daya geologi serta manfaat dan bencana geologi.

Meski kunjungan ke museum langsung belum berlaku bagi pengunjung, namun bukan berarti koleksi di Museum tak terawat. Perawatan tetap berjalan seperti biasa walaupun di masa pandemi.

“Per minggu kita selalu rawat dan bersihkan. Bahkan, suhu ruangan pun kami perhatikan,” ungkap Iwan.

Masih kata Iwan, ruangan penyimpanan koleksi benda asli yang sudah diteliti akan dibuatkan replika agar dapat dikenang.

“Nanti juga kita buatkan replikanya juga dari koleksi yang sudah diteliti,” ungkap Iwan.

Maka bagi siswa yang tertarik menjadi kurator museum, Iwan menyarankan, bisa memilih jurusan geologi dalam ranah pendidikan formal. Iwan pun mengajak seluruh siswa untuk mencintai, sekaligus sering mengunjungi museum.

“Museum adalah gudang ilmu, artinya museum itu sahabat kita. Kalau baca buku bisa saja bikin bosan, tapi kalau visual, orang akan mudah ingat. Maka, cintailah museum,” ajaknya.

Read Previous

Indonesia Siap Produksi Bis Listrik Karya Anak Bangsa

Read Next

Menangkal Hoaks, Pemerintah Lakukan Dua Pendekatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *