Peringati Hari Lapang Kakao, Bupati Berau Dukung Penuh Pengembangan Produksi Kakao di Kampung Marasa

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Bupati Kabupaten Berau Hj.Sri Juniarsih membuka langsung acara peringatan Hari Lapang Kakao yang digelar petani Kakao di Kampung Marasa,Kecamatan Kelai, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam sambutannya, Bupati sangat mengapresiasi kerja keras petani Kakao sehingga mampu menghasilkan Kakao yang berkualitas. Kami sebagai pemerintah daerah sangat mendukung apa yang telah dilakukan oleh masyarakat yang terus mengembangkan dan meningkatkan produksi Kakao, apalagi para petani mampu meningkatkan harga jual Kakao yang cukup signifikan dipasar lokal maupun manca negara itu sangat luar biasa.

“Saya harap keberhasilan ini terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi, sehingga menarik para eksportir untuk bekerjasama, syukur kalau produksinya bisa dikirim ke manca negara, seperti Jerman dan beberapa negara lainnya”, Terang Juniarsih.

Bupati Berau Hj.SriJuniarsih Saat Memberikan Sambutan Di Acara Peringatan Hari Lapang Kakao Di kampung Marasa, Jumat (12/6/2021).

Peluang ekspor ini membuktikan bahwa Kakao dari Berau khususnya kampung Merasa sangat berkualitas. Saya dapat info juga bahwa kakao Merasa ini mewakili Indonesia di Ajang Cocoa Excellent Award 2021 di Paris Perancis yang diikuti lebih dari 100 Kakao terbaik dari seluruh dunia.

Bupati juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para pendamping dari YKAN dan KALIMAJARI yang telah bisa membantu meningkatkan nilai tambah dan mencari pasar untuk petani Kakao di Berau, karena memang pasar yang paling penting. Terima kasih pula atas bantuannya karena kualitas Kakao yang ada di Merasa ini sudah layak untuk diekspor, Ungkapnya.


Dalam kesempatan ini juga Bupati sempat menyicipi berbagai macam olahan coklat yang diolah dari Kakao oleh masyarakat Kampung Merasa.

“Alhamdulillah rasanya memang cukup enak dan mampu bersaing di pasaran. Tinggal packaging dan kemasannya lagi yang harus dipercantik untuk menarik minat pembelinya”, Katanya.
Sri Juniarsih berharap agar kedepan bisa disinergikan lagi dengan program-program Pemda. Di samping itu bisa juga disinergikan dengan pengembangan BUMK milik daerah, sehingga pengembangan produksi Kakao bisa lebih meningkat dan mampu menembus pasar secara luas. Sukses selalu petani Kakao, memajukan Berau. Bersama bahu membahu menuju Berau maju dan sejahtera, tutupnya. (Jg/818).

Baca juga:  Pemkab Berau Siapkan 750 Visal Vaksin Untuk Masyarakat

Read Previous

Jalan Penghubung Berau – Kaltara Jadi Pembahasan Utama Dalam Kunker Gubernur Kaltara Ke Berau

Read Next

Pemkab Berau Siapkan 750 Visal Vaksin Untuk Masyarakat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *