• Kamis, 20 Juni 2024

Garap UMKM Olahan Pangan, PT. Berau Coal Beserta Diskoperindag Adakan Pelatihan dan Sertifikasi

BERAU, Lensaku – PT. Berau Coal bersama Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Berau mengadakan pelatihan untuk para penggiat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Family Cafe, Jalan Pulau Sambit, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Pelatihan kali ini dikhususkan kepada warga Kabupaten Berau yang sedang mengembangkan UMKM di sektor olahan pangan. Pelatihan yang disertai dengan Sertifikasi Penyelia Halal ini digelar selam 2 hari mulai dari hari Selasa (21/09/2021) kemarin sampai hari Rabu (22/09/2021) sore tadi.

Pelatihan dan sertifikasi penyelia halal ini dilatarbelakangi dengan belum adanya sertifikasi penyelia halal di Berau. Pasalnya, di Kabupaten Berau sendiri banyak produk-produk UMKM olahan pangan yang memiliki sisi kualitas yang bagus. Kemudian, perizinan Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT) dari pelaku UMKM juga sudah terpenuhi.

“Dengan pelatihan dan sertifikasi penyelia halal ini, kami berharap produk-produk UMKM yang dihasilkan terjamin dan dapat diekspor ke luar darah serta memiliki sertifikasi halal” ujar Ketua Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal – Horas Parsaulian Pardede.

Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Penyelia Halal ini diikuti oleh 20 peserta UMKM yang berasal dari beberapa kampung salah satunya Batu Putih, Semanting, Sukan, Labanan, Sambaliung, dan Tanjung Redeb. Pembicara dari kegiatan ini diisi oleh pihak Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Kalimantan Timur.

Perlu diketahui, Seluruh peserta yang mengikuti pelatihan dan sertifikasi ini sudah bekerja sama dengan PT. Berau Coal.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan dari program sebelumnya dimana semua pelaku UMKM ini sudah diadakan pelatihan penyuluhan keamanan dan PIRT oleh PT. Berau Coal.” ujar PIC Program UMKM PPM PT Berau Coal – Surya Windah Dahlan.

Wakil Bupati Berau H. Gamalis, S.E. juga turut hadir dalam kegiatan pelatihan dan sertifikasi halal ini. Ia pun turut mengapresiasi kegiatan pelatihan UMKM yang digarap oleh PT. Berau Coal dan Diskoperindag ini.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan sektor UMKM di Kabupaten Berau yang bertujuan untuk mengurangi pengangguran serta melatih masyarakat dalam membuka usaha” ujar Wakil Bupati Berau H. Gamalis S.E.

Wakil Bupati Berau juga menerangkan bahwa sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan perhatian utama oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau. Melalui program kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini diharapkan dapat mengajak masyarakat lainnya untuk mulai terjun ke dunia wirausaha.(Chr).

Read Previous

Pemuda Berau Gelar Pertemuan Dengan Polres, Ini Yang Dibahas!

Read Next

Ibrahim Ali minta pekerjaan segera dituntaskan, karna ini demi kepentingan masyarakat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular