Jalin Silaturahmi, Wakil Bupati Nunukan Beserta FKUB Berkunjung Ke Berau

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah pada Selasa (21/09/2021) kemarin tiba di Kabupaten Berau bersama dengan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Nunukan.

Kunjungan Wabup Nunukan  bersama FKUB ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan membangun bersama tujuan bangsa melalui program – program FKUB.

Kehadiran Wabub dan FKUB Nunukan langsung disambut oleh Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih, MAS., M.Pd., dan Wakil Bupati H. Gamalis, S.E., yang digelar di Balai Mufakat, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

“Kegiatan ini adalah silaturahmi antar kabupaten termasuk FKUB Nunukan dan  FKUB Berau untuk menjalin komunikasi dan membangun kerukunan umat beragama antar kabupaten” papar Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih.

Dalam kegiatan tersebut, Pemkab Berau mendorong FKUB untuk membangun budaya toleransi dan dialog antar tokoh-tokoh agama di Kabupaten Berau maupun Kabupaten Nunukan sehingga dapat menciptakan kerukunan umat beragama yang baik.

Adapun topik pembahasan yang diangkat ialah mengenai program Lintas Budaya. Program tersebut berperan dalam mensosialisasikan budaya berpikir terbuka serta menerima setiap perbedaan maupun kemajemukan umat beragama dalam suatu daerah. Sasaran dari program itu sendiri adalah para pemuka agama dan juga para tokoh penting dari setiap agama.

Ketua FKUB Berau Drs. H. Datuk Kusuma menerangkan bahwa hal itu menjadi peran FKUB untuk menjadi teladan dalam mensosialisasikan toleransi dan lintas budaya.

“Seperti yang sering kita ketahui, banyaknya pengaruh media sosial dalam memancing gesekan agama di Indonesia disebabkan oleh hasutan dari tokoh-tokoh agama. Itulah yang menjadi antisipasi dari FKUB karena di dalam forum ini berkumpul para tokoh agama, sehingga harus selalu disosialisasikan” ujarnya dalam kegiatan silaturahmi ini.

Baca juga:  Sinergi Kendalikan Inflasi dan Optimalisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri

Pembahasan lainnya dari kegiatan silaturahmi antar FKUB ini ialah berkaitan dengan pendirian rumah ibadah. Ketua FKUB Berau menerangkan bahwa organisasi lintas agama ini berperan dalam mendukung setiap pendirian rumah ibadah di Kabupaten Berau maupun Kabupaten Nunukan serta daerah lainnya.

Tentunya, Pemerintah Kabupaten Berau maupun Kabupaten Nunukan sangatlah mendukung segala program yang disusun oleh forum kerukunan umat beragama ini.

Diharapkan FKUB dapat berperan dalam mengantisipasi gesekan umat beragama serta mensosialisasikan perdamaian antar umat agar dapat mendukung pembangunan daerah maupun provinsi, Paparnya.

Agenda berikutnya, kunjungan Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah rencananya akan mendatangi beberapa rumah ibadah di Kabupaten Berau beserta FKUB Nunukan pada hari Rabu (22/09/2021) ini.

Read Previous

DPRD KTT Apresiasi BKPSDM  Dalam Pelaksanaan Tes CPNS di Tarakan

Read Next

Pemuda Berau Gelar Pertemuan Dengan Polres, Ini Yang Dibahas!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *