Pemkab Berau Serahkan 9 Rumah Layak Huni Ke Warga Teluk Sumbang

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau serahkan bantuan 9 rumah layak huni kepada masyarakat Kampung Teluk Sumbang, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Penyerahan 9 rumah layak huni yang dibangun pada awal 2021 ini dilakukan oleh Wakil Bupati Berau H. Gamalis saat melakukan kunjungan kerjanya ke Kampung Teluk Sumbang pada Rabu (06/10/2021) lalu.

Penyerahan rumah layak huni ini diperuntukkan bagi warga Kampung Teluk Sumbang sebagai program pembenahan kampung tersebut.

“Program ini sudah berjalan sejak 2020 lalu, dan sudah direalisasikan 8 unit rumah, di tahun 2021 ini kita lanjutkan kembali dan direalisasikan sebanyak 9 unit, jadi dalam 2 tahun Pemkab Berau sudah merealisasikan 17 untit rumah layak huni di Kampung Teluk Sumbang”, Jelas Wabub.

Tentunya ada sejumlah persyaratan dan kreteria bagi penerima bantuan rumah layak huni, salah satunya harus memiliki KTP dan KK di tempat dimana dia tingal, termasuk kepemilikan tanah atau lahan.

“Kreteria dan syaratnya sudah ditentukan oleh Disperkim, dari rekomendasi kepala kampung nantinya akan dilakukan verifikasi terlebih dulu, apabila memenui syarat dan kreteria maka mereka bisa mendapatkan rumah layak huni dari pemerintah”, Ujarnya.

Dalam pembangunan 1 unit rumah ini dibutuhkan anggaran sebesar Rp. 70 juta. Adapun dana pembangunan rumah layak huni di Teluk Sumbang ini seluruhnya diperoleh dari dana APBN.

“Semoga melalui rumah layak huni ini dapat membantu masyarakat Kampung Teluk Sumbang sebagai titik terujung di Kabupaten Berau. Tugas penerima saat ini harus mampu merawat rumah yang sudah diberikan pemerintah, Jaga kebersihan rumah serta ciptakan suasana yang damai dan tentram di dalam rumah” tuturnya.

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan rumah layak huni tahun ini, Wakil Bupati Berau menyarankan agar masyarakat segera mengajukan usulan melalui kepala kampung.

Baca juga:  Kakek 64 Tahun Cabuli 2 Cucunya Hingga Melahirkan

Kepala Kampung Teluk Sumbang, Kamaruddin dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa masih banyak masyarakatnya yang membutuhkan bantuan rumah layak huni. Dia berharap kedepan pemerintah daerah, provinsi maupun pusat dapat merealisasikan kembali rumah layak huni untuk masyarakat Kampung Teluk Sumbang.

“Untuk masyarakat yang masih membutuhkan bantuan ini tentunya masih banyak, ada di 2 tempat yaitu di RT 01 dan RT 04. Semoga tahun depan bisa segera direalisasikan”, Harapnya.

Selain itu, kepala kampung juga menyampaikan terkait kampungnya yang hingga saat ini masih mengalami kendala jaringan telekomunikasi.

“Untuk jaringan telekomunikasi di kampung ini memang menjadi kendala yang besar. Kami hanya memiliki 2 titik pemancar jaringan yaitu di Kantor Pemerintahan Kampung dan SMP Negeri 3 Teluk Sumbang itu pun masih harus dibagi. Semoga permasalahan ini juga menjadi prioritas unuk masyarakat Kampung Teluk Sumbang” tutupnya. (chr/818).

Read Previous

Progres Pembangunan Proyek Pelabuhan Teluk Sulaiman Sudah Mencapai 46%

Read Next

Giat Vaksinasi Tahap II, Komandan Lanud Dhomber Kaltim TNI AU Berikan Apresiasi Kepada Pemkab Berau

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *