• Senin, 17 Juni 2024

Disdukcapil Berau Tinjau Pelayanan Administrasi Setiap Kelurahan di Tanjung Redeb

BERAU, Lensaku – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melakukan kunjungan ke setiap kelurahan di Kecamatan Tanjung Redeb. Kunjungan ini dalam rangka sosialisasi pelayanan administrasi di setiap Kelurahan serta mendengar beberapa keluhan dari masyarakat kepada masing-masing kelurahan mengenai pelayanan administrasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Berau, David Pamuji saat ditemui Tim Lensaku di Kelurahan Gayam, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur pada Rabu (13/10/2021) pagi.

“Hari ini kami melakukan silaturahmi ke beberapa kelurahan, yang biasanya kami lakukan silaturahmi rutinan ke kampung-kampung, namun ini dalam rangka untuk memperkuat pelayanan administrasi di kelurahan, karena baik kampung maupun kelurahan adalah ujung tombak kami di lapangan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Dalam kunjungan, selain itu juga untuk memperkuat sinergitas di tingkat kelurahan dengan Disdukcapil,” ujarnya.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Berau menyampaikan telah menerima keluhan dari masyarakat yang disampaikan kepada kelurahan terutama mengenai sistem pelayanan administrasi kependudukan secara daring. Pasalnya, masih banyak masyarakat di lingkungan RT yang tidak menggunakan handphone dengan sistem operasi berbasis Android. Ditambah juga masih banyak warga yang belum mengerti tata cara sistem administrasi berbasis daring ini.

“Sudah ada pegawai yang bertugas untuk memandu layanan administrasi secara daring di masing-masing kampung dan kelurahan yang berjumlah 2 orang. Jadi setiap pegawai ini nanti yang akan membantu warga terkait administrasi seperti pembuatan awal atau perubahan KK dan KTP melalui aplikasi dari Disdukcapil ini. Kemudian, untuk warga yang tidak memiliki handphone android bisa langsung datang ke RT agar dibantu administrasinya ke kelurahan. Oleh karena itu, melalui kunjungan ini kami mengimbau kepada setiap kelurahan agar membantu para RT untuk mendata masyarakat yang terkendala dengan layanan berbasis daring sehingga dapat dimudahkan,” tambah Kepala Disdukcapil Berau.

Melalui kesempatan ini, pihak Kelurahan Gayam juga menyampaikan aspirasinya kepada Disdukcapil terkait prosedur pelayanan administrasi secara online ini. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Lurah Gayam, Iskandar Zulkarnain

“Selama ini prosedur layanan online sistemnya satu ponsel atau satu nomor untuk satu KK sementara pihak RT tidak bisa membantu warganya dalam urusan administrasi ini. Oleh karena itu, kami sampaikan kepada pihak Disdukcapil khusus untuk RT ini supaya bisa membuka nomor warganya dengan ketentuan tidak boleh ada pungli di dalamnya,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, pihak Disdukcapil Berau menerangkan bahwa usulan itu akan dikaji lebih lanjut lagi. Beberapa keluhan juga disampaikan oleh pihak Kelurahan Gayam salah satunya adalah mengenai sosialisasi warga dengan RT.

“Kami sudah mendengar keluhan-keluhan dari warga maupun kelurahan ini. Untuk hal itu, pastinya kami akan menindaklanjuti untuk dicari solusinya agar layanan administrasi ini dapat berjalan dengan efisien dan efektif,” terang Kepala Disdukcapil Berau, David Pamuji.

Adapun dalam kunjungan ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Berau membagikan brosur sosialisasi prosedur layanan administrasi berbasis daring melalui aplikasi Disdukcapil kepada masing-masing kelurahan di Kecamatan Tanjung Redeb dan juga sosialisasi mengenai KIA. Beberapa kelurahan didatangi oleh Disdukcapil seperti Kelurahan Gayam dan Kelurahan Karang Ambon.

Pihaknya berharap melalui tinjauan dan kunjungan ini layanan administrasi di setiap kelurahan baik daring maupun langsung dapat tersosialisasi dengan baik ke masing-masing warganya. Disdukcapil juga berharap koordinasi antara kelurahan dan RT dapat berjalan dengan baik sehingga tidak kesalahan komunikasi.

“Melalui kunjungan kami ke Kelurahan ini kami berharap agar layanan administrasi berbasis daring ini dapat sampai dari tingkat RT sampai ke masyarakat karena untuk kelurahan ini berbeda dengan kampung dari segi kepadatan penduduknya. Kemudian, harapan kami yang utama adalah tidak ada pungli atau calo dalam pelayanan administrasi daring ini,” tutup Kepala Disdukcapil Berau, David Pamuji. (Chr).

Read Previous

Bupati Ibrahim Ali : Saya Akan Berikan Sanksi Keras Kepada Pejabat Yang Kerap Mangkir Di Acara Kedinasan

Read Next

Ini Pesan Wabub Hendrik Kepada Pengurus Karang Taruna Yang Baru Dilantik

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular