BPBD Berau Gelar Bimbingan Teknis Pembukaan Lahan Tanpa Bakar Di Kecamatan Kelay

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau menggelar  Bimbingan Teknis Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) di Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Jumat, 22/10/2021).

Bimbingan Teknis ini diikuti oleh 38 peserta yang berasal dari 5 kampung di Kecamatan Kelay yaitu, Kampung Merasa, Kampung Muara Lesan, Kampung Lesan Dayak, Kampung Sido Bangen, dan Kampung Long Beliu. Kegiatan tersebut diadakan di Pendopo Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Pelaksanaan Bimbingan teknis diadakan selama 4 hari, mulai dari tanggal 19 – 22 Oktober 2021. Pada hari pertama kegiatan, dilakukan sosialisasi dan penyampaian materi tentang pembukaan lahan tanpa bakar (PLTB). Para peserta Bimtek juga melakukan praktek pengolahan arang briket dan penyulingan cuka kayu di hari kedua dan hari ketiga pelaksanaan Bimtek. Sedangkan, pada hari terakhir pelaksanaan dilakukan dengan presentasi dan evaluasi oleh pemateri mengenai hasil praktik yang dilakukan peserta pada hari sebelumnya.

Camat Kelay, Toris turut hadir pada kegiatan Bimtek yang diselenggarakan oleh BPBD Kabupaten Berau ini, dalam kesempatan yang sama ia mengungkapkan bahwa kegiatan Bimtek ini sangat bermanfaat untuk masyarakat kampung.

“Tentu melalui kegiatan ini peserta bimtek, yakni masyarakat kampung dapat memahami prosedur pembukaan lahan yang benar dengan tidak merusak lingkungan yang ada, seperti ekosistem hutan, populasi flora, dan populasi fauna. Dikarenakan wilayah Kecamatan Kelay ini hutannya masih sangat besar dan alami. Melalui kegiatan ini masyarakat jadi tau langkah-langkah tepat untuk membuka lahan,” ujarnya.

Toris berharap kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis berikutnya kembali diadakan. Ia juga berharap, kegiatan tersebut dapat diikuti oleh seluruh kampung di Kecamatan Kelay.

“Sekarang ini sudah banyak kasus-kasus kebakaran hutan akibat pembukaan lahan yang salah terutama yang ilegal. Kami berharap kegiatan ini dapat dilakukan lagi sehingga dapat meminimalisir pembukaan lahan yang ilegal yang berdampak buruk pada segala aspek kesuburan hutan di Kelay. Kami juga berharap 14 kampung yang ada di Kecamatan Kelay ini dapat mengikuti kegiatan yang bermanfaat ini,” harapnya. (Chr)

Baca juga:  Komunitas Gojek Berau Serahkan Bantuan Alat Dapur Untuk Korban Kebakaran

Read Previous

Memupuk Gaya Hidup Bersih Dan Sehat, Kampung Sido Bangen Adakan Lomba Tingkat RT

Read Next

Sambut Atlet Berau Yang Berlaga Di PON XX Papua 2021, Ini Kejutan Dari Bupati!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *